Inilah Pengertian Entrepreneur Menurut Pendapat 6 Ahli Terkemuka

  • Bagikan
entrepreneur

KABARINDAH.COM – Dalam pandangan teoritik, penting sekali mengetahui dan memahami sesuatu hal secara konseptual yang meliputi pengertian, karakter, dan sifat dengan kerangka akademik.

Begitu juga dengan istilah entrepreneur sehingga dengannya kita akan mengetahui dan memahami istilah ini dalam kerangka disiplin ilmu, baik secara ontologis, epistemologis, maupun secara aksiologis.

Karena itu, untuk mengetahui dan memahami istilah entrepreneur, kita memerlukan pendekatan kebahasaan atau definisi dalam membahasnya supaya dapat diketahui dan dipahami maknanya.

Secara praktis, mereka memiliki kemampuan untuk mengenali kondisi lingkungan berdasarkan peluang sehingga mendatangkan keuntungan, salah satunya dengan menawarkan produk baru, dibarengi rencana manajerial pemasaran dan progresivitas modal yang sistemik dan efisien, serta memiliki perhitungan pasar yang bagus.

Seorang enterpreneur bukan hanya dituntut memiliki kemampuan berpikir kreatif semata atau mampu memanfaatkan peluang dari setiap kondisi untuk membuka peluang bisnis.

Tapi juga, yang paling penting ialah mampu memberdayakan diri dan memberikan kebaikan bagi masyarakat sekitar. Jadi, seorang entrepreneur tidak bersifat egois, dimana kemajuan dirinya harus dapat dirasakan orang lain karena entrepreneur sejatinya bukan tipikal orang yang hanya memanfaatkan situasi dan kondisi demi kepentingan pribadi.

Pada dasarnya menjadi seorang enterpreneur ialah keputusan seorang individu dalam hidupnya yang sangat penting; karena keputusan itu bersifat pilihan, maka seorang yang memilih menjadi entrepreneur sebetulnya tengah memilih hidupnya untuk terus menerus dinamis.

Di sini, ada banyak pendapat ahli mengenai entrepreneur. Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian enterpreneur menurut mereka.

1. Robbin & Coulter

Entrepreneur ialah seorang atau kelompok individu yang melakukan sebuah upaya terorganisir untuk mendapatkan peluang dalam menghadirkan suatu nilai melalui produk unik dan inovatif.

2. Adam Smith

Adam Smith, dikenal sebagai bapak ekonomi Eropa. Dia memiliki pandangan tersendiri tentang entrepreneur. Dalam pandangannya entrepreneur berarti orang yang mampu bereaksi terhadap perubahan ekonomi, lalu menjadi agen ekonomi yang mengubah permintaan menjadi produksi.

3. Jean Baptise

Ahli ekonomi Perancis ini berpendapat bahwa entrepreneur adalah orang yang memiliki seni dan keterampilan tertentu dalam menciptakan usaha ekonomi yang baru.

4. Cantilon

Dia berpendapat bahwa entrepreneur adalah seorang inkubator gagasan-gagasan baru yang selalu berusaha menggunakan sumber daya secara optimal untuk mencapai tingkat paling tinggi.

5. Meng & Liang

Mereka berdua merangkum pandangan beberapa ahli, dan mendefenisikan entrepreneur sebagai: (a) Seorang inovator (b) Seorang pengambil risiko atau a risk-taker (c) Orang yang mempunyai misi dan visi (d) Hasil dari pengalaman masa kanak-kanak (e) Orang yang memiliki kebutuhan berprestasi tinggi dan (f) Orang yang memiliki locus of control internal.

6. Hermawan Kartajaya

Entrepreneur artinya adalah sebuah upaya untuk menciptakan konteks nilai melalui proses pengamatan dalam peluang bisnis, membangun manajemen untuk menghindari kemungkinan timbulnya resiko, serta kemampuan berkomunikasi dan memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. Cotntohnya adalah sumber daya manusia, untuk membuat sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan.

Ide dan defenisi entrepreneur banyak sekali, Schumpeter seorang pakar strategi melihat entrepreneur sebagai sebuah proses “destruktif yang kreatif”, dimana produk-produk atau metode produksi yang sudah ada dihancurkan dan diganti dengan yang baru.

  • Bagikan