Inilah Cara Unik Berbagi di Kota Sukabumi

  • Bagikan
Penyerahan bantuan donasi Udunan Online ke Pak Yasir oleh Wali Kota Sukabumi, Rabu (16/6).

KABARINDAH.COMKota Sukabumi memiliki cara unik untuk membantu sesama yang membutuhkan. Salah satunya dengan program Udunan Online. Kali ini bantuan ini diserahkan kepada Pak Yasir yang mengidap penyakit Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening di Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Rabu (16/6).

Program Udunan online berasal dari ide wali kota dan selanjutnya diinisiasi Dinas Sosial Kota Sukabumi serta dikelola oleh Forum Silih Asah Asuh melalui platform udunanonline.com. Pada pertengahan Juni 2021, donasi diberikan kepada Pak Yasir, sebagai bentuk dukungan dari warga Kota Sukabumi untuk kesembuhan Pak Yasir yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

“ Bantuan untuk Pak Yasir misalnya digunakan untuk kemoterapi secara rutin dalam proses kesembuhannya yang membutuhkan biaya cukup besar,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Selama ini dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya hanya mengandalkan isterinya yang berjualan makanan.

Donasi yang diserahkan kepada Pak Yasir sebesar Rp 17.245.000. Fahmi sangat berharap pak Yasir bisa segera sembuh dan beraktifvitas normal. Sebelum sakit Pak Yasir bekerja di sebuah bengkel dan setiap seminggu sekali pulang ke rumah di Sukabumi.

Program udunan online ini untuk menjawab permasalahan di masyarakat yang harus ditangani dengan cepat. Sebab Pemda memiiki anggaran tapi sudah teralokasikan dalam perencanaan satu tahun sebelumnya. Akan tetapi kondisi di masyarakat ada warga yang sakit dan rumah rusak yang harus segera dibantu sehingga belum terencanakan.

“Maka udunan online hadir sebagai sarana membantu warga yang tiba-tiba mengalami musibah rumahnya rusak maupun sakit,” tambah Fahmi.

Program udunan online ini digulirkan bukan hanya melibatkan aparatur pemerintahan melainkan warga juga bisa mengambil peran dalam berbagi dengan sesama. Meskipun saat ini yang paling besar donasi berasal dari aparatur Pemkot Sukabumi.

  • Bagikan