Inilah 10 Orang Tajir Indonesia 2021 Serta Jumlah Kekayaannya Versi Majalah Forbes

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Dalam dunia bisnis memang selalu naik turun. Tak heran jika hal ini juga mempengaruhi kondisi kekayaan orang terkaya di Indonesia. Forbes terus memantau pergerakan kekayaan para konglomerat dunia termasuk Indonesia ini.

Inilah daftar 10 orang terkaya di Indonesia beserta jumlah kekayaannya versi majalah Forbes:

1. R. Budi & Michael Hartono

Keluarga Hartono merupakan pemilik saham BCA dan mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari investasi di Bank Central Asia.

Tak hanya itu, sumber kekayaan lainnya berasal dari usaha pembuatan kretek Djarum, merek elektronik yaitu Polytron. Diketahui keluarga ini bertempat tinggal di Kudus, Indonesia. Adapun kekayaan bersih mereka mencapai 19,7 M – 38,8 M dollar.

2. Keluarga Widjaja

Urutan kedua sebagai orang terkaya di Indonesia yaitu keluarga Widjaja. Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja. Ia dulunya merupakan seorang imigran Tionghoa yang kemudian memulai usahanya di Idonesia di bidang penjualan biskuit.

Baca Juga:  Inilah Besaran Biaya Transaksi di Balik Penjualan NFT!

Ia juga memiliki sumber kekayaan lainnya di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi. Adapun kekayaan bersih mereka mencapai 11,9 M dollar.

3. Prajogo Pangestu

Di poisi ketiga ada Prajogo Pangestu. Prajogo Pangestu merupakan putra dari pedagang karet dan memulai bisnis kayu pada 1970-an. Prajogo mendirikan perusahaan Barito Pacific Timber dimana pada tahun 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Kemudian tahun 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Kekayaan bersih mereka mencapai 6 M dollar.

4. Antoni Salim

Antoni Salim dikenal sebagai CEO Indofood atau perusahaan pembuat mie instan terbesar di dunia yang berada di Idnonesia. Adapun Antoni Salim memiliki kekayaan bersih mencapai 5.9M dollar.

Baca Juga:  Tertarik Bisnis NFT? Ini Panduan Lengkap Cara Beli dan Jualnya!

5. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan konglomerat yang memiliki perusahaan di bidang produksi PET dan petrokimia. Kekayaan bersih yang dimiliki Lohia saat ini tercatat mencapai 5,6 M dollar.

6. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo merupakan konglomerat asal Surabaya yang memiliki bisnis yang bergerak di bidang manufaktur. Susilo Wonowidjojo dan keluarganya berbisnis di bidang pembuat kretek Gudang Garam. Diketahui jumlah kekayaan bersih mencapai 5,3 M dollar.

7. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja merupakan kepala grup perusahaan Mayora, perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang menjual kopi, sereal, permen, biskuit dan lain sebagainya. Jogi Hendra Atmadja memiliki kekayaan bersih mencapai 4,3 M dollar.

Baca Juga:  Inilah Besaran Biaya Transaksi di Balik Penjualan NFT!

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan mendirikan perusahaan Kalbe Farma. Kalbe farma sendiri menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Boenjamin Setiawan dan keluarga tercatat memiliki saham yang cukup besar di Indonesia, kekayaan bersihnya pun mencapai 4,1 M dollar.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp yang terkenal sebagai perusahaan penerbit kartu kredit di Indonesia. Chairul Tanjung juga menjalankan bisnisnya dalam mengoperasikan hypermarket serta bisnis di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. Kekayaan bersih Chairul Tanjung hingga saat ini tercatat mencapai 3,9 M dollar.

10. Tahir

Tahir merupakan pendiri grup Mayapada yang berkembang di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan real estat. Kekayaan bersih Tahir mencapai 3,3 M dollar hingga saat ini.

  • Bagikan