Kabar  

Himaksi Universitas Muhammadiyah Bandung Sukses Gelar Olimpiade Akuntansi

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) sukses menggelar Olimpiade Akuntansi (OPSI) SMA/SMK se-Jawa Barat pada Selasa 02 Agustus 2022. Pada OPSI ini, SMKN 1 Cianjur berhasil raih juara 1 dan 2. Sementara juara 3 diraih SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi, Kabupaten Bandung.***

KABARINDAH.COM – Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bandung (Himaksi UM Bandung) sukses menggelar Olimpiade Akuntansi (OPSI) 2022 di Auditorium KH Ahmad Dahlan pada Selasa (02/08/2022).

Ada 42 peserta dari 10 SMA/SMK di Jawa Barat yang berpartisipasi pada olimpiade ini. Dari jumlah 42 tersebut, mereka terbagi ke dalam 14 tim.

Ketua Himaksi Restu Ratna Amelia menjelaskan bahwa OPSI 2022 digelar bertujuan sebagai upaya untuk mengenalkan dan menarik minat siswa agar bisa masuk dunia akuntansi.

”Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi promosi bagi UM Bandung khususnya prodi Akuntansi kepada para siswa,” lanjut Restu.

Kegiatan OPSI 2022, kata Restu, selain ajang perlombaan, tentu sebagai momentum menambah pengalaman dan bahan pembelajaran baru seputar dunia akuntansi bagi.

Baca Juga:  Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, UMBandung – IAPI Jalin Kerja Sama

Mengukur kemampuan

Sementara itu, Ketua Pelaksana OPSI 2022 Dellya Annastasya menerangkan, dengan mengikuti kegiatan ini, siswa bisa mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap ilmu akuntansi.

”Mereka bisa tahu sejauh mana kemampuan mereka dalam menyelesaikan jurnal-jurnal yang sudah dikerjakan dan mendapatkan sejumlah info dari para pendampingnya,” kata Dellya.

Dalam OPSI 2022, ungkap Dellya, para peserta harus melalui tiga babak, seperti accounting cycle, accounting battle, dan cerdas cermat.

Pada accounting cycle, setiap tim mengerjakan soal studi kasus akuntansi perusahaan dagang. Kemudian terseleksi enam untuk lanjut ke babak selanjutnya.

”Setelah itu dipecah lagi jadi empat tim, untuk babak ketiga ada cerdas cermat yang menentukan juara 1, 2, dan 3,” kata mahasiswa semester enam tersebut.

Baca Juga:  Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah FEB UIN Jakarta Gelar Festival Ekonomi Syariah Internasional secara Virtual

SMKN 1 Cianjur sabet dua juara

Adapun juara 1 kegiatan OPSI 2022 diraih Tim Asset dari SMKN 1 Cianjur. Tim ini beranggotakan Muhammad Kaila Adittiya, Annisa Siti Zulfa, dan Anis Sopiah.

Untuk juara 2 OPSI 2022 direbut Tim Ekuitas SMKN 1 Cianjur. Sementara juara 3 diraih oleh Tim Baknus AKT 1 SMK Bakti Nusantara 666, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pembimbing TIM Asset SMKN 1 Cianjur Yusup Herry MPd bersyukur tim bimbingannya berhasil menjadi juara 1 pada OPSI 2022.

Meski ada beberapa soal yang belum pernah dipelajari oleh para siswanya, kata Yusup, tapi mereka berhasil menyelesaikannya dengan baik.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah sangat hebat menyelenggarakan kegiatan ini. Menurut kami, ini sangat sukses dan luar biasa,”  tandasnya.

Baca Juga:  5 Aktivitas Ini Membantu Melatih Keseimbangan Tubuh Anak

Suasana kegiatan OPSI 2022 sangat meriah. Di samping mengerjakan soal, diskusi, dan lainnya, para peserta juga dihibur oleh beberapa penampilan musik di atas panggung.

Para peserta pun terlihat antusias. Salah satunya seperti yang diungkapkan SMA 6 kelas 12 Dhea Ramadhani yang mengaku sangat menikmati acara tersebut.

”Lomba ini cukup seru karena bisa per tim gitu bareng teman-teman. Semoga kita bisa ikut lomba lagi di tahun depan,” ucap Dhea.***(Firman Katon)