Kabar  

Hadirkan Prof Dadang Kahmad, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cimanggung Gelar Silaturahmi Akbar

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad (kanan berpeci hitam) saat menyampaikan ceramah dalam silaturahmi akbar bakda Idul Fitri 1443 Hijriah yang digelar PC Muhammadiyah Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.***

KABARINDAH.COM — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad hadir memberikan ceramah pada kegiatan silaturahmi akbar bakda Idul Fitri 1443 Hijriah yang digelar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, di Gedung Dakwah PCM Cimanggung pada Minggu (08/05/2022).

Prof Dadang memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah yang hadir dalam silaturahmi tersebut.

Terkait kegiatan ini, penanggung jawab kegiatan, Satiman, mengapresiasi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad yang sudah hadir di PCM Cimanggung sebagai pemateri sekaligus membina Muhammadiyah di cabang dan ranting.

”Alhamdulillah kami sangat bangga bisa kedatangan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Baru kali ini kami dikunjungi oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” ujar Satiman.

“Terpenting dari itu yakni bagaimana kami bisa melaksanakan apa-apa yang disampaikan beliau sehingga Muhammadiyah bisa lebih maju ke arah yang baik, khususnya bagi anggota-anggotanya, umumnya bagi masyarakat luas, sehingga peran Muhammadiyah benar-benar terasa bagi masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga:  Gaya Hidup Anti Miskin Ini Layak Dicoba. Diantaranya Investasi!

Satiman mengatakan bahwa acara seperti ini akan rutin dilaksanakan untuk menguatkan tali silaturahmi di antara warga persyarikatan, khususnya di wilayah Sumedang.

Dirinya juga bersyukur dan berterima kasih atas atensi luar biasa dari jamaah warga persyarikatan Muhammadiyah yang telah hadir.

Termasuk juga apresiasi kepada ortom meliputi Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), baik dari Kokam Pemuda Muhammadiyah, IMM, maupun Tapak Suci yang telah ikut menyukseskan acara.

Nilai-nilai kemuhammadiyahan

Dihadiri sekitar 200 orang dari berbagai unsur, Prof. Dadang Kahmad menyampaikan materi ceramah mengenai ketaatan beragama umat Islam di Indonesia.

Di samping itu, Prof. Dadang juga menguraikan pesan-pesan terkait pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kemuhammadiyahan di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  Pemkot Sukabumi Kota Gelar Pelatihan Dasar CPNS

“Warga Muhammadiyah sejatinya harus bangga dengan Muhammadiyah. Hal ini sangat beralasan karena Muhammadiyah yang kita cintai ini sudah memberikan bukti nyata bagaimana berkontribusi dalam membangun bangsa, bukan sekadar janji,” ujar Prof Dadang.

Dalam acara bertema “Menjaga Amalan Bulan Suci Ramadhan” ini, Prof Dadang menekankan agar nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan yang lalu bisa dipertahankan.

Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat ini menguraikan bahwa hal itu penting dilakukan agar bisa menjadikan warga Muhammadiyah sebagai pribadi yang mutakin, jujur, dan sabar.

“Terlebih lagi warga Muhammadiyah juga diharapkan bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyararakat,” tutur guru besar sosiologi agama UIN Bandung ini.

Baca Juga:  Dirikan Institut Teknologi dan Bisnis, Muhammadiyah Pangandaran Peroleh Lahan 10 Hektar dari Pemkab Pangandaran

Bukan kepentingan pribadi

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sumedang KH Nasrudin Toha bahwa warga Muhammadiyah Sumedang ke depan harus lebih bermanfaat untuk umat dan menjadi teladan masyarakat.

Selain itu, Ketua PDM juga berpesan agar warga persyarikatan jangan memanfaatkan Muhammadiyah demi kepentingan pribadi yang sifatnya sesaat saja.

Pada waktu yang sama Ketua PCM Cimanggung Drs Juju Supriatna juga menyampaikan bahwa peradaban Muhammadiyah di Cimanggung mengalami peningkatan meskipun penuh dengan dinamika.

”Kami berharap dengan semangat saling menguatkan insyaallah persyarikatan Muhammadiyah di Cimanggung akan lebih bangkit lagi,” katanya.

Sementara itu Ketua PCM Jatinangor Drs Sobirin mengungkapkan bahwa ke depan Muhammadiyah di wilayah Sumedang harus lebih maju lagi dari sebelumnya.***