Global Peace Index: Inilah 10 Negara Teraman di Dunia

KABARINDAH.COM – Hidup di negara yang aman tentu menjadi idaman setiap orang. Ketika kita tinggal di lingkungan yang aman, maka kehidupan akan dirasa lebih tentram dan sejahtera.

Berkaitan dengan itu, Indeks Perdamaian Global atau Global Peace Index (GPI) memeringkatkan negara-negara teraman dan di dunia serta tingkat bahayanya. Mengutip dari World Population Review, GPI mengevaluasi setiap negara dengan 23 indikator.

Indikator-indikator itu meliputi jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal, tingkat ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, potensi aksi teroris, jumlah pembunuhan, hingga pengeluaran militer.

Lantas, negara mana saja yang tergolong paling aman di dunia? Melansir laman Detik Edu, Inilah 10 Negara Teraman di Dunia.

1. Islandia

Berdasarkan pemeringkatan yang dirilis oleh GPI, Islandia menjadi negara teraman di dunia dan menempati posisi teratas. Bahkan, negara ini berhasil mempertahankan posisinya selama 14 tahun berturut-turut.

Islandia merupakan negara yang memiliki tingkat kriminalitas terendah, sebab populasinya yang tergolong sedikit. Selain itu, Islandia juga memiliki undang-undang untuk menjamin kesetaraan, kebebasan beragama dan upah yang setara untuk pria dan wanita.

2. Selandia Baru

Negara teraman yang kedua adalah Selandia Baru. Sama seperti Islandia, tingkat kejahatan di negara ini sangat rendah. Kekerasan juga jarang terjadi di Selandia baru, namun pencurian masih patut diwaspadai terutama di kawasan wisata.

Baca Juga:  Mantap! Tim Mahasiswa Fakultas Teknik UI Buat ToothBites, Pasta Gigi Berbentuk Permen

3. Irlandia

Pada tahun 2022, peringkat Irlandia sebagai negara teraman naik ke posisi tiga. Tingkat kriminalitas di negara itu cukup rendah, hanya ada sedikit ancaman kekerasan atau terorisme.

4. Denmark

Di posisi keempat ada Denmark. Negara ini memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat untuk kesejahteraan sosial. Kedua elemen itu berkontribusi untuk memberikan perasaan aman dan bahagia pada warganya.

Korupsi jarang terjadi di Denmark, sebab kejujuran dan kepercayaan adalah prioritas utama negara itu. Meski pajak penghasilan pribadi di Denmark cukup tinggi, pajak ini mendanai program sosial yang memastikan setiap orang menerima layanan dan fasilitas yang membantu mereka menjalani kehidupan nyaman.

Hal ini dapat dilihat dari akses pendidikan yang tinggi dan perawatan kesehatan gratis tanpa biaya tambahan untuk para warga Denmark. Bahkan, manusia usia lanjut (manula) di Denmark disediakan perawat di rumah.

5. Austria

Austria menduduki peringkat kelima. Kejahatan yang tergolong serius di Austria sangat jarang terjadi. Selain itu, negara ini juga terhindar dari tindakan terorisme sejak beberapa tahun terakhir.

Baca Juga:  Global Business Policy Institute: Indonesia Nomor Satu Negara Paling Religius di Asia Tenggara

6. Portugal

Selanjutnya di urutan keenam ada negara Portugal. Jika polisi di Selandia Baru dan Islandia tidak bersenjata, Portugal justru memiliki polisi bersenjata.

Meski demikian, kehadiran polisi yang meningkat membuat tingkat kriminalitas di negara ini menurun. Portugal secara konsisten menempati peringkat di antara negara-negara terbaik untuk menikmati hidup semasa pensiun karena tingkat keamanannya yang tinggi.

7. Slovenia

Tingkat keamanan di negara Slovenia sangatlah baik. Baik itu dari segi keamanan perjalanan, risiko medis, dan keselamatan di jalan. Kini, Slovenia berfokus pada peningkatan kualitas hidup di banyak bidang termasuk keselamatan,

8. Republik Ceko

Di urutan kedelapan ada Republik Ceko. Selama bertahun-tahun, tingkat kriminalitas di Ceko kian menurun secara signifikan. Insiden terorisme dan bencana alam di Ceko tergolong rendah.

Selain itu, di Ceko juga banyak rumah sakit yang bersih dengan sistem asuransi kesehatan yang dikelola negara, sehingga tarifnya terbilang murah.

9. Singapura

Siapa sangka Singapura masuk ke dalam 10 besar negara teraman di dunia? Yap, menempati peringkat kesembilan dalam GPI di tahun 2022, tingkat kejahatan Singapura sangatlah rendah.

Baca Juga:  Perkuat Loyalitas, Industri Parfum Harus Pandai Berinovasi

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh hukuman berat yang dikeluarkan untuk kejahatan kecil sekalipun. Pemerintah dan polisi disana juga mengontrol secara ketat senjata api.

10. Jepang

Pada urutan terakhir ada Jepang. Negara Sakura ini telah ada di 10 negara teratas dalam GIP selama 14 tahun berturut-turut. Tingkat kriminalitas yang rendah, konflik internal yang minim, serta kerusuhan politik yang hampir tidak ada membuatnya menjadi salah satu negara teraman di dunia.

Indonesia Menempati Posisi Berapa?

Berdasarkan data GPI 2022, Indonesia masuk ke dalam 50 besar, tepatnya di posisi ke-47. Sementara itu, negara kawasan Asia Tenggara lainnya sepert Malaysia menempati posisi ke-18. Peringkat terbaik diraih oleh Singapura yang masuk ke dalam urutan 10 besar.

Itulah 10 negara teraman di dunia. Tertarik mengunjungi salah satunya?