Global Business Policy Institute: Indonesia Nomor Satu Negara Paling Religius di Asia Tenggara

KABARINDAH.COM – Majalah CEOWORLD bersama dengan Global Business Policy Institute merilis daftar negara dengan masing-masing tingkat religius penduduknya.

Religius sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang bersifat religi atau kepercayaan kepada Tuhan atas keberadaan manusia.

Penilaian religius pada diri seseorang cenderung bersifat subjektif bagi tiap individu. Sebab itu, data yang diambil CEOWORLD pada 2020 pun didasarkan dari hasil survei pendapat dari setiap penduduk di tiap negara terkait tingkat keyakinannya pada agama yang dianut masing-masing.

Survei tersebut melibatkan 370.000 penduduk dunia di 148 negara, termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat pertama dari seluruh negara di Asia Tenggara dengan tingkat religius sebesar 98,7.

Baca Juga:  Mahasiswa KNN-MAS Beri Pelatihan Cara Bikin Minuman Herbal bagi Remaja Desa

Menurut data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) per 31 Desember 2021, agama yang dianut di Indonesia didominasi oleh Islam sebanyak 237,53 juta jiwa, kemudian disusul oleh Kristen 20,45 juta jiwa dan Katolik 8,43 juta jiwa.

Sementara untuk agama Hindu dan Buddha masing-masing memiliki pemeluk di Indonesia sebanyak 4,67 juta jiwa dan 2,03 juta jiwa, serta Konghucu sebanyak 73.635 jiwa.

Berikut ini 9 Negara Paling Religius di Asia Tenggara

1. Indonesia

Tingkat religius: 98.7
Ranking dunia: 7

2. Thailand

Tingkat religius: 97
Ranking dunia: 13

3. Laos

Tingkat religius: 97
Ranking dunia: 15

4. Myanmar

Tingkat religiusi: 97
Ranking dunia: 19

5. Filipina

Tingkat religiusitas: 96
Ranking dunia: 21

Baca Juga:  Enam IAIN Diajukan Transformasi Jadi UIN

6. Malaysia

Tingkat religiusitas: 96
Ranking dunia: 23

7. Kamboja

Tingkat religiusitas: 96
Ranking dunia: 26

8. Singapura

Tingkat religiusitas: 70
Ranking dunia: 100

9. Vietnam

Tingkat religiusitas: 30
Ranking dunia: 137

Di samping itu, berdasarkan hasil survei di 148 negara menunjukkan, tempat lahirnya suatu agama bukan menjadi penentu tingkat religius warga negaranya.

India sebagai negara yang pertama melahirkan ajaran Hinduisme, Jainisme, Sikhisme, dan Buddha, menduduki peringkat ke-54 dari 148 negara. Kemudian, Arab Saudi sebagai tempat lahirnya agama Islam pun menduduki peringkat ke-43.

Secara keseluruhan, sebanyak 74,44 persen orang dewasa dari tiap negara yang disurvei mengatakan, agama merupakan bagian penting dalam kehidupan mereka.

Baca Juga:  Inilah 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Meski demikian, tingkat berkomitmen dalam keagamaan atau tingkat religius seseorang seperti kehadiran dalam ibadah dan frekuensi beribadah sangat bervariasi bagi tiap penduduk di Asia Tenggara maupun dunia.