Di Hari Jadi Kota Sukabumi, Disdukcapil Beri Layanan Adminduk

KABARINDAH.COM–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi memberikan layanan administrasi kependudukan di momen hari jadi Kota Sukabumi ke-110. Hal tersebut diberikan dalam rangkaian kegiatan Ini Festival Kita di Jalan.R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Senin (1/4/2024) lalu.

” Kami membuka gerai layanan untuk warga di Ini Festival Kita selama dua hari yakni Ahad (31/3/2024) dan Senin,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi, Selasa (2/4/2024). Layanan tersebut dibuka mulai pukul 13.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Di mana kata Kardina, banyak warga yang datang untuk mengurus berbagai dokumen administrasi kependudukan. Selain itu ada warga yang melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Baca Juga:  Disdukcapil Sukabumi Genjot Perekaman E-KTP Hingga ke Kelurahan di Akhir Pekan

Menurut Kardina, kehadiran layanan ini dalam memberikan kemudahab bagi warga Sukabumi. Sehingga masyarakat bisa mengurus dokumen tersebut di gerai layanan itu.

Sebelumnta, Disdukcapil teetap memberikan layanan prima di bulan Ramadhan. Meskipun waktu layanan tetap mengacu pada ketentuan layanan yang ditetapkan pemerintah selama Ramadhan.

” Layanan tetap maksimal diberikan kepada warga,” ujar Kardina. Hanya jam pelayanan sesuai dengan surat wali kota untuk pelayanan di bulan Ramadhan.

Menurut Kardina, layanan tersebut mulai pembuatan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan lain sebagainya. Selain itu layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Seperti diketahui, memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pemkot Sukabumi meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap disiplin dalam menjalankan tugasnya. Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada mengatakan, selama bulan Ramadhan ASN perlu tetap menjaga kedisiplinan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga:  Gulirkan Layanan 9 to 9, Disdukcapil Permudah Perekaman KTP-El untuk Pemula

” Kedisiplinan ASN sangat penting. Sehingga, kami telah mengeluarkan surat edaran dengan pedoman yang sesuai dengan ketentuan dari Menpan RB terkait jam kerja,” ungkap Dida. Waktu kerja itu mulai masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB, kecuali hari Jumat yang pulangnya sampai pukul 16.00 WIB,.

Menurut Dida,Pemkot Sukabumi akan terus melakukan monitoring terhadap kegiatan ASN selama Ramadhan. Langkah ini untuk memastikan bahwa semua aturan dan imbauan yang telah dikeluarkan dapat dijalankan dengan baik.

Dida berharap, seluruh ASN di Kota Sukabumi dapat menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas kerja dan pengabdian kepada masyarakat.