Kabar  

Dalam Rangka Pencegahan Genangan di Musim Penghujan, Pemprov DKI Jakarta Bangun 12 Ribu Sumur Resapan

KABARINDAH.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempercepat pembangunan sumur resapan untuk mencegah genangan saat musim hujan. Sebanyak belasan ribu sumur resapan di DKI telah dibangun.

“Sumur resapan alhamdulillah sudah lebih dari 12 ribu yang selesai,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (11/10/2021).

Ariza meyakini target pembangunan 22 ribu sumur resapan dapat tercapai pada akhir 2021. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI telah mengerahkan sumber dayanya untuk mempercepat pembangunan sumur resapan.

“(Pembangunan sumur resapan) dibagi rata, itu kan banyak sekali lebih dari 30 kalau tidak salah, apa sampai 40 (ribu sumur resapan). Jadi memang sudah dibagi habis oleh SDA,” jelas dia.

Baca Juga:  Antisipasi Musim Hujan, Gubernur Anies Ajak Warga Jakarta Berkolaborasi

Pemprov DKI membangun sumur resapan karena efektif mengurangi genangan di wilayah yang cekung. Sumur resapan tidak hanya berperan mengurangi genangan, tetapi juga membuat cadangan air tanah. Sebab, dengan sumur resapan, air hujan dialirkan langsung ke tanah.

Selain sumur resapan, Pemprov DKI juga melakukan program pengendalian banjir lainnya. Seperti, pengerukan lumpur melalui program gerebek lumpur.