Bisnis  

Cara Bedakan Uang Palsu dengan Uang Asli. Dilihat, Diraba, Diterawang!

KABARINDAH.COM– Setiap kali menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), masyarakat diimbau mewaspadai peredaran rupiah palsu. Uang palsu ini merupakan suatu benda dengan bahan, ukuran, warna, gambar, dan/atau desainnya menyerupai Rupiah yang dibuat, dibentuk, dicetak, digandakan, diedarkan, atau digunakan sebagai alat pembayaran secara melawan hukum.

Kabar buruknya, penyebaran rupiah palsu bisa menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan terhadap mata uang rupiah itu sendiri. Penyebaran rupiah palsu rentan terjadi pada momen – momen istimewa, seperti ramadhan, idul fitri, natal, dan tahun baru.

Karenanya, mengenali rupiahmu adalah langkah yang tepat guna menghentikan penyebaran rupiah palsu. Lantas bagaimana caranya membedakan uang asli dan uang palsu? Nah, kamu pasti sudah familiar dengan slogan ‘Dilihat, Diraba, Diterawang’.

Baca Juga:  Ajak Warga Bertani, Mentan Siap Tingkatkan SDM Pertanian di Tanah Papua

1. Dilihat

Ciri untuk memastikan rupiahmu asli adalah dengan melihat dan memastikan warna uang rupiahmu tampak terang dan jelas. Pada rupiah 100.000 terdapat benang pengaman yang bisa berubah warna jika kamu gerakkan ke segala arah.

Perhatikan benang tersebut dengan teliti. Kemudian, jika kamu melihat rupiahmu dengan teliti, akan terdapat logo BI yang tersembunyi yang akan terlihat pada sudut pandang tertentu. Selain itu, akan terdapat garis-garis berwarna pelangi yang erlihat dari sudut pandang tertentu.

2. Diraba

Bagian angka nominal, huruf terbilang, gambar utama, dan lambang negara burung Garuda, akan terasa kasar bila diraba. Bagian-bagian tersebut akan terasa kasar bila diraba. Bagi difabel netra, ada kode tertentu untuk mengenali pecahan rupiah asli yang juga akan tersa kasar bila diraba.

Baca Juga:  Harga Cabai Rawit Masih Meroket, Pemerintah Tegaskan Tak Perlu Impor

3. Diterawang

Jika diterawang, rupiah asli akan terdapat tanda air atau watermark berupa gambar pahlawan dan gambar menyambung yang membentuk logo BI. Selain itu, akan terdapat tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan bantuan kaca pembesar.

Cara lain untuk memastikan uang rupiahmu asli adalah dengan meletakkan uang kertas di bawah sinar UV. Di bawah sinar UV, cetakan kasat mata serta nomor seri uang akan muncul.

Jadi, mengenali keaslian uang rupiahmu adalah salah satu upaya pencegahan pengedaran rupiah palsu, juga bentuk nyata menjaga simbol kedaulatan negara lho.