Kabar  

Banggakan Teknik Elektro di Kancah Internasional, Reno Dapat Apresiasi dari Rektor UIN Bandung

KABARINDAH.COM-Muhammad Reno Fadillah, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi berhasil meraih Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Internasional Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2021.

Apresiasi ini diberikan oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. CSEE, Kamis (30/12/2021).

Reno, mahasiswa angkatan 2018 yang biasa dipanggil ini kerap meraih prestasi dalam cabang mata lomba robotika dan lomba karya ilmiah pada tahun 2019-2020 . Untuk tahun ini Reno meraih Gold medali pada ajang International Invention Competition for Young Moslem Scienctist (IICYMS) 2021 dan meraih penghargaan BUCA Turkey Special Awards pada ajang yang sama, dengan total peserta dari 13 negara.

Baca Juga:  Salut! Tim SAR DMC DD Terus Sisir Wilayah Terdampak Banjir di Ibu Kota

“Alhamdulillah pada ajang itu saya dan tim membuat sebuah aplikasi yang mengatur sistem pengairan dan pencahayaan untuk pertanian,” tegasnya.

Selain itu, prestasi yang dapat mengharumkan almamater diraihnya dalam Malaysia Innovation Invention and Creativity Association (MIICA), Malaysia Special Awards pada ajang World Invention Creation and Exhibiton (WICE) 2021 yang diikuti 369 tim dari 27 negara di dunia.

Data terbaru Retno dan tim berhasil menyabet juara 1 bidang Karya Inovasi Robotika dan Programming pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tahun 2021. “Saya dan tim mengusung hasil karya robot yang disebut ROBOPOND, sebuah robot otomasi yang mengatur sistem aquaponik secara otomatis dan menggunakan sistem daya dari sinar matahari,” jelasnya.

Baca Juga:  Innalillahi, Pendekar Hukum Indonesia, Artidjo Alkostar Meninggal Dunia

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nanang Ismail menyampaikan tentunya segala capaian prestasi internasional ini didapatkan dengan tidak mudah karena harus berkompetisi dengan mahasiswa lainnya dari berbagai negara, “dengan kegigihan dan ketekunan serta perjuangan yang kuat akhirnya Reno mampu memperolehnya dengan baik dan membanggakan kampus tercinta,” paparnya.

Menurutnya, segala dicapai Reno dan tim ini berdampak positif bagi jurusan maupun kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Untuk itu saya sebagai ketua jurusan sangat mengapresiasi atas capaian yang diperoleh Reno, dan berharap bisa menularkan kepada mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Sekretaris Jurusan Teknik Elektro, Eki Ahmad Zaki Hamidi, mengatakan sangat bangga atas capaian prestasi yang diperoleh Reno dan berharap terus berprestasi. “Saya berharap mudah-mudahan dapat memberikan spirit bagi mahasiswa lain untuk berprestasi, karena semua berprestasi bisa diraih dengan kerja keras, usaha dan doa,” tuturnya.

Baca Juga:  Sopianti Revasika Sabet Medali Perunggu Cabor Katapel di Fornas Sumatera Selatan

Lia Kamelia, pembimbing Reno selama mengikuti perlombaan tingkat Internasional, menuturkan “Saya selalu memberikan motivasi kepada Reno, bahwa mimpi apa pun bisa diwujudkan dengan usaha dan kerja keras, kerja cerdas dan ketelitian, sehingga bisa mencapai hasil yang terbaik. Dan saya bangga atas hasil yang dicapai Reno karena pantang menyerah dalam menggapai impiannya. Selamat ya Reno,” pungkasnya.