Asam Lambung Naik?? Jangan Panik, Ini Pertolongan Utama Saat Asam Lambung Naik!!

Ilustrasi asam lambung naik (Freepic)

KABARINDAH.COM–Naiknya asam lambung tentu sangat membuat tidak nyaman pada siapa saja yang pernah mengalaminya. Gejala asam lambung naik yang cukup umum terjadi adalah munculnya rasa tidak nyaman sampai terasa panas di dada (heartburn).

Selain rasa nyeri di dada, gangguan asam lambung dapat mengakibatkan seseorang menjadi sulit menelan, sensasi seperti terbakar pada ulu hati dan seperti ada benjolan yang mengganjal tenggorokan. Namun jika asam lambung kamu naik, tidak perlu panik kamu bisa melakukan berbagai penanganan pertama saat asam lambung naik. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Lepaskan Pakaian Ketat

Beberapa kasus gangguan asam lambung terjadi karena menggunakan baju ketat yang bisa memberikan tekanan pada lambung. Inilah mengapa melepaskan pakaian tersebut bisa membantu mengurangi tekanan sehingga meredakan asam lambung. Hal yang sama juga berlaku saat kamu melonggarkan ikat pinggang.

Baca Juga:  Cegah Asam Urat Kambuh, Ini 5 Makanan yang Harus Dipantang

2. Berdiri Tegak

Ternyata, asam lambung naik juga bisa terjadi karena postur tubuh. Jadi, apabila kamu mengalami kenaikan asam lambung saat sedang duduk atau rebahan, cobalah untuk berdiri tegak. Postur tubuh berdiri tegak dapat membantu mengurangi tekanan pada bagian otot kerongkongan bawah sehingga bisa mengurangi gejala asam lambung.

3. Konsumsi Teh Jahe

Jahe menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, termasuk untuk meringankan serangan asam lambung. Kamu bisa memadukannya dengan secangkir teh hangat dan mengonsumsinya ketika asam lambung naik.

4. Menghentikan Kebiasaan Buruk Merokok

Merokok menjadi aktivitas yang membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh, seringnya berkaitan dengan gangguan jantung dan paru-paru. Akan tetapi, ternyata merokok juga akan membuat asam lambung semakin buruk, sehingga kamu disarankan untuk menghindari kebiasaan ini apabila memiliki riwayat penyakit asam lambung.

Baca Juga:  4 Kandungan Kesehatan dalam Seledri bagi Kesehatan Seksual Pria

5. Memosisikan Bantal Lebih Tinggi

Naiknya asam lambung juga bisa terjadi ketika kamu sedang berbaring. Apabila ini terjadi, kamu bisa membuat posisi bantal lebih tinggi sehingga gejala bisa berkurang. Ikuti dengan meninggikan posisi pinggang dan kepala supaya naiknya asam lambung bisa diatasi.

6. Konsumsi Akar Manis

Kamu mungkin masih asing dengan akar manis atau licorice. Namun, bahan yang termasuk rempah ini juga efektif untuk meredakan serangan asam lambung seperti jahe. Ini karena peran akar manis dalam meningkatkan lapisan mukosa pada kerongkongan, sehingga melindungi organ tersebut dari kerusakan yang diakibatkan oleh asam lambung.

Meski begitu, kamu tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsi akar manis. Pasalnya, jika dikonsumsi terlalu banyak justru bisa berdampak pada peningkatan tekanan darah, penurunan kadar kalium, dan terganggunya proses pengobatan. Jadi, sebaiknya kamu menanyakan terlebih dahulu pada dokter, apalagi jika gejala tidak membaik, meski kamu sudah menjalani pengobatan rumahan.

Baca Juga:  Verifikasi Selesai, Sukabumi Optimis Raih Sertifikat 100 Persen ODF

7. Konsumsi Obat Asam Lambung

Ada beberapa jenis obat yang membantu meredakan asam lambung yang bisa kamu temukan di apotek. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai penanganan pertama saat asam lambung menyerang. Namun, pastikan kamu mengonsumsi sesuai dengan anjuran atau dosis yang tertera pada kemasan, ya! Jangan sampai berlebihan karena bisa memicu dampak negatif lain pada tubuh.

Cara terbaik lain yang bisa dilakukan untuk meringankan atau meredakan gejala asam lambung adalah menghindari segala hal yang bisa menjadi pemicunya. Sering kali, ini adalah makanan atau minuman tertentu, seperti kopi, makanan pedas dan asam, juga faktor lain seperti stres.

 

 

Sumber : Halodoc.com