Kabar  

Aparat TNI dan Petugas Gabungan di Sukabumi Aksi Bersih-Bersih di Pasar Pelita

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Beragam cara dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya digagas Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi menggencarkan giat rutin Jumat bersih (Jumsih) di Pasar Pelita Kota Sukabumi, Jumat (9/2/2024).

Selain aparat TNI, aksi bersih-bersih ini diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cikole dan unsur kelurahan. ” Hari ini kami sejumlah unsur terkait melaksanakan bersih-bersih dan ini merupakan komando dari atas untuk dilanjutkan ditiap-tiap satuan wilayah,” ujar Danramil 0607-04/Kota Sukabumi, Kapten (Inf) Dadang Hasbillah.

Adapun anggota Kodim 0607 yang diterjunkan, berasal dari tiga koramil gabungan, yakni Koramil 0607-04/Kota Sukabumi, Koramil 0607-06/Kota Sukabumi dan Koramil 0607-07/Kota Sukabumi. Di mana, untuk jadwal bersih-bersih lingkungan ini rutin dilakukan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga:  Keren, Kota Sukabumi Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-Turut

Saat ini lanjut Dadang, dilakukan di wilayah Cikole dan nanti selanjutnya ada jadwal di wilayah Sukaraja, Cisaat dan wilayah kerja Kodim 0607 lainnya. Aksi ini bisa memberikan dampak positif kepada warga, agar tidak sembarangan membuang sampah dan senantiasa menjaga lingkungan.

” Kami juga sering melakukan komsos ke wilayah dan memberikan himbauan agar menjaga lingkungan,” terang Dadang. Apalagi saat ini persoalan sampah menjadi perhatian di Kota Sukabumi.

Kepala DLH Kota Sukabumi Asep Irawan menambahkan, persoalan sampah di Kota Sukabumi masih menjadi pekerjaan rumah yang belum teratasi. Saat ini, produksi sampah per harinya mencapai 180 ton.

Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen diantaranya adalah jenis sampah makanan. DLH akan terus melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut.

Baca Juga:  Selamat, 9 Jurnalis Senior Raih Press Card Number One dari PWI

Di antaranya dengan memperbesar lokasi tempat pembuangan akhir dan bekerja sama dengan sejumlah unsur untuk melakukan pemilahan. Menurutnya, persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab bersama terutama kesadaran masyarakat.

Asep mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat belum peduli dengan persoalan sampah. Sehingga pihaknya pun kerap melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat.