Kabar  

Anies Baswedan Lepas Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H ke Masjid-Masjid di Jakarta

KABARINDAH.COM — Memasuki bulan Suci Ramadhan 1442 H yang penuh dengan rahmat, keberkahan dan kemuliaan, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta Bersama dengan Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Quran (LBIQ) Provinsi DKI Jakarta melepas Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H, yang di tempatkan di masjid-masjid di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Duta Imam Tarawih itu dilepas secara langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Jumat (9/4). Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual, Muhammad Zen mengatakan, program kolaborasi BAZNAS BAZIS dengan LBIQ dalam merekrut para duta imam itu melalui tahapan seleksi panjang. Para duta yang terpilih telah melalui ujian seleksi, pembekalan selama satu bulan, dan seleksi tingkat hafalan para calon imam tarawih di masjid.

Baca Juga:  FAI UM Bandung dan FTK UIN Sunan Gunung Djati Jalin Kerja Sama

Para calon imam tarawih disyaratkan harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz, sehat jasmani dan rohani, dengan rentang usia 20 – 50 tahun, disyaratkan juga wajib menguasai hukum tajwid, dan memiliki suara yang merdu.

“Para duta imam terpilih telah diseleksi berdasarakan tingkat hafalan Juz Al Qur’an dari mulai yang hafal 10 juz, 20 juz sampai dengan 30 Juz”. Ujar Muhammad Zen, dalam sambutannya.

“Dari 591 pendaftar calon imam, terpilih 100 duta Imam. 100 duta imam yang terpilih kemudian diberikan pembekalan dan pembinaan bacaan Al-Qur’an dan Langgam bacanya dari LBIQ,” ungkap Muhammad Zen.

Ketua BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah menyampaikan, Program Duta Imam Tarawih pada tahun ini merupakan program awal yang memang dicanangkan dapat mengisi masjid-masjid di DKI Jakarta dengan para Imam yang tentunya baik dan benar dalam bacaan Al Qur’annya dan indah dalam lantunan bacaannya.

Baca Juga:  Pengukuhan Pengurus PBNU Masa Khidmat 2022-2027 Disambut Baik Muhammadiyah Kaltim

Kiai Luthfi Fathullah menambahkan, BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta akan terus melakukan inovasi dan membuat program-program yang berkualitas dengan bersinergi bersama Pemprov DKI Jakarta. “BAZNAS (BAZIS) akan secara penuh terus berinovasi memberikan program-program yang dapat bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta,” ujar Kiai Luthfi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap para Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H bukan hanya sekedar menjadi imam tarawih semata, melainkan dapat menjadi inspirasi bagi para jamaah dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.

“Kami berharap agar para duta imam tarawih Ramadhan 1442 H bukan hanya sekedar menjadi imam tarawih semata, melainkan juga menjadi inspirasi bagi para jamaah masjid-masjid di DKI Jakarta, khusunya dalam membaca Al-Quran secara baik dan benar,” kata Anies.

Baca Juga:  Prof Dadang Kahmad Ajak Warga Muhammadiyah Teladani Buya Syafii Maarif

Anies juga berharap para duta imam tarawih nantinya juga dapat memberikan inspirasi bagi para pemuda dan pemudi DKI Jakarta sehingga mereka antusias untuk membaca, menghayati, dan bahkan menjadi penghafal al Qur’an.

“Selain itu para duta imam diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pemuda-pemudi DKI Jakarta sehingga mereka antusias dalam membaca, menghayati, dan bahkan menjadi penghafal al Qur’an,” kata Gubernur. (*)