Kabar  

Alhamdulillah! UM Bandung Jadi Kampus Swasta yang Berkembang Pesat

KABARINDAH.COM – Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ahmad Muttaqin, MAg MA PhD mengatakan, meski baru berdiri, tapi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) sudah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.

“Kita tahu UM Bandung ini merupakan perguruan tinggi yang masih cukup baru, sekitar 6 tahunan, tapi kita melihat UM Bandung mengalami progres perkembangan yang cukup pesat, baik dari sisi fasilitas kampus maupun juga dari jumlah mahasiswa. Nah kita ingin belajar dan bertukar pikiran bagaimana mengembangkan kampus,” kata Ahmad Muttaqin saat bersilaturahmi ke UM Bandung, Rabu 18 Mei 2022.

Ahmad Muttaqin menjelaskan, UIN Sunan Kalijaga merupakan kampus negeri, tapi sudah masuk Badan Layanan Umum (BLU) sehingga dituntut mencari pendapatan-pendapatan di luar pajak PNBP.

Baca Juga:  Polisi Menangkap Musisi Berinisial AN, Tenyata Anji?

Oleh karena itu, tutur Ahmad Muttaqin, kampusnya dirasa perlu belajar ke kampus swasta yang mengalami akselerasi dan perkembangan cukup pesat menurut pengamatannya.

“Dalam pertemuan tadi juga kami saling bertukar pikiran karena ternyata ada beberapa kesamaan antara kedua kampus. Misalnya, dari segi nama fakultas dan beberapa program studi. Kami rasa dari hal ini memungkinkan kita untuk melakukan kerja sama dan kolaborasi antara perguruan tinggi,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pertemuan dengan UM Bandung tidak menjadi akhir dari silaturahmi, tapi ada kelanjutannya. Dirinya juga berharap ke depan pihak UM Bandung bisa berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga.

Peluang melanjutkan studi

UIN Sunan Kalijaga, khususnya pascasarjana, dikatakan Ahmad Muttaqin membuka pintu selebar-lebarnya untuk dosen, tendik, ataupun alumnus UM Bandung yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3.

Baca Juga:  FGM Jawa Barat Buka Diklat Guru Sains Berbasis Metode QS2

Untuk diketahui silaturahmi dan pertemuan UIN Sunan Kalijaga dan UM Bandung yang berlangsung khimat dan akrab ini dipusatkan di lantai satu.

Hadir dalam pertemuan tersebut Rektor UM Bandung Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto, MSc IPU; Wakil Rektor I Dr Hendar Riyadi, MAg; dan Wakil Rektor II Dr Ahmad Diponegoro, MSIE, PhD.

Sementara dari UIN Sunan Kalijaga hadir Wakil Direktur UIN Sunan Kalijaga Ahmad Muttaqin, MAg MA, PhD; Wakil Dekan II FADIB Dr Uki Sukiman; Wakil Dekan II FISHUM Dr Yani Tri Wijayanti; Wakil Dekan II FSH Dr Riyanta; Wakil Dekan II FEBI Dr Sunaryati, MSi; Wakil Dekan II FDK Prof Dr H Casmini, MSi; Wakil Dekan II FUPI Dr H Robby H Abror, MHum; dan Wakil Dekan II FST Dr Arifah Khusnuryani, MSi.***