Kabar  

Tingkatkan Publikasi Ilmiah dan Terindeks Scopus, UIN Bandung-ITB Gelar ICWT 2023

KABARINDAH.COM-Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, MSi, CSEE melepas peserta The International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2023 yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus II, Jumat, (16/06/2023)

ICWT merupakan Joint Conference antara Institut Teknologi Bandung dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Juli 2023 di Solo Jawa Tengah.

Dalam arahannya, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan publikasi, sehingga akan berdampak pada capaian publikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, “Kegiatan seperti ini harus didukung terus, salah satu indikator kualitas perguruan tinggi sangat ditentukan dari karya ilmiah yang dihasilkan, sehingga hal ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi terutama UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk selalu menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dipublikasikan”, ujar Rektor.

Baca Juga:  UMBandung Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI

Rektor berpesan agar selalu menjaga nama baik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat kembali lagi ke kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan selamat. “Dan saya percaya bahwa dosen dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini akan mampu menjalankan tugas dengan baik dan membawa harum UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” lanjutnya.

Dalam laporannya, Ketua 2 ICWT 2023 dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT menyampaikan bahwa kerjasama konferensi intenasional ICWT antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan ITB ini merupakan tahun ke-7 dan telah menghasilkan paper yang terbit di IEEE dan terindex Scopus.

Sebanyak 228 paper dengan afiliasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. “Dan tahun ini kami akan mempresentasikan 90 paper, dan berharap kegiatan ini akan berjalan lancar,” paparnya.

Baca Juga:  Di FPD Diskominfo, Pemkot Sukabumi Dorong Transformasi Digital di Pelayanan Publik

Eki menjelaskan bahwa paper-paper itu merupakan hasil penelitian dosen dan penelitian mahasiswa yang akan dipresentasikan oleh 21 dosen dan 35 mahasiswa. “Tentunya bagi mahasiswa merupakan pengalaman baru dapat mengikuti kegiatan internasional dengan mempresentasikan hasil penelitiannya dalam konferensi internasional dan menjadi bekal bagi mahasiswa setelah lulus nantinya”, ujar Eki.

Sementara itu ketua Jurusan Teknik Elektro Nanang Ismail MT, mengatakan bahwa Jurusan selalu mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang berkualitas, sehingga dapat dipublikasikan terutama dalam ICWT yang terbit di IEEE yang merupakan konferensi internasional kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ITB.

“Karena tidak semua penelitian dapat dipublikasikan di ICWT, di tingkat nasional juga kita memfasilitasi publikasi nasional melalui kegiatan Seminar Nasional Teknik Elektro yang rutin kita laksanakan di bulan November dan menghasilkan publikasi dengan artikel yang selalu kita terbitkan dalam OJS dan terindeks dalam Google Scholar”, terang Nanang.

Baca Juga:  Tingkatkan Mutu Jurnal, UIN Bandung Lakukan Akselerasi Akreditasi

Kegiatan pelepasan ini diakhiri dengan doa Bersama untuk kelancaran kegiatan dan dilaksanakan di ruang rapat Rektorat Kampus II Jln. Soekarno Hatta Bandung serta diakhiri dengan foto Bersama di depan Rektorat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.