Tanamkan Nasionalisme dalam Diri, Inilah 4 Film Perjuangan Tokoh Indonesia

  • Bagikan

KABARINDAH.COM, JAKARTA – Film bisa menjadi media hiburan sekaligus pendidikan, khususnya film bertema perjuangan atau pahlawan Indonesia. Film apa saja yang bisa menjadi rekomendasi tontonan yang bertema pahlawan dan perjuangan? Berikut ulasannya.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film presiden pertama Indonesia ini digarap oleh Hanung Bramantyo dengan Ario Bayu menjadi pemeran utamanya. Film ini dirilis pada 11 Desember 2013 dengan sejumlah aktor dan aktris seperti Tika Bravani, Tanta Ginting, Lukman Sardi, Maudy Kusnaedy, dan Muhammad Abe Baasyin ikut terlibat dalam film ini.

Film ini menggambarkan kisah Soekarno dari masa kecil yang kemudian di umur 24 sudah berhasil meyakinkan bahwa Indonesia harus merdeka saat itu juga. Akibat hal tersebut, Soekarno harus dipenjara dengan tuduhan penghasutan dan pemberontakan. Meskipun begitu, ia tetap semangat untuk tetap memerdekakan Indonesia di waktu yang tepat.

Film ini juga menggambarkan kisah cintanya dengan sosok Fatmawati meskipun dirinya masih menjadi suami Inggit hingga Inggit pun harus merelakan hal tersebut terjadi. Meskipun begitu, garis besar perjuangan Soekarno demi Indonesia tergambar jelas hingga sukses disukai para pecinta film.

Baca Juga:  Hadirkan Perumahan Dosen, UIN Bandung Lakukan MoU dengan BTN

2. Jenderal Soedirman

Viva Westi, sutradara film yang rilis pada 27 Agustus 2015 ini diperankan oleh Adipati Dolken sebagai pemeran utama, Annisa Hertami, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, Lukman Sardi, dan Nugie.

Film ini menceritakan kisah pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Aksi ini bermula saat Belanda secara sepihak memutuskan perjanjian Renville dan menghentikan genjatan senjata pada masa itu.

Diceritakan pula penangkapan tokoh Soekarno dan Mohammad Hatta yang kemudian diasingkan ke Pulau Bangka. Belanda menyatakan bahwa kedaulatan Indonesia sudah tidak ada lagi. Meskipun begitu, Jenderal Soedirman tetap menyiarkan bahwa Indonesia masih ada. Ia pun memimpin perang gerilya di Tanah Jawa dan berhasil mengalahkan Belanda karena kehabisan logistik dan waktu.

3. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film yang menggambarkan perjalanan tokoh Tjokroaminoto ini rilis pada 9 April 2015. Disutradarai oleh Garin Nugroho dengan Reza Rahadian sebagai pemeran utamanya. Sejumlah aktor dan aktris lainnya yakni Chelsea Islan, Didi Petet, Christina Hakim, Egi Fedly, Alex Komang, Ibu Jamil, dan Putri Ayudya ikut berperan dalam film ini.

Baca Juga:  Ciptakan Kualitas SDM Panti Asuhan, Pemkot Makassar Gelar Pelatihan Panti Cerdas

Alur cerita saat Tjokroaminoto yang masih kecil, sudah merasa rasa prihatin terhadap kondisi masyarakat pribumi pada masa lalu, terutama buruh dan rakyat pribumi karena perlakuan Belanda yang selalu bertindak semena-mena. Ia pun tumbuh besar hingga akhirnya dirinya memutuskan meninggalkan segala bentuk kebangsawanannya dan bergerak melindungi rakyat pribumi.

Perjuangannya pun dimulai saat dirinya diminta untuk memimpin organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) dan meresmikan Sarekat Islam (SI) pada 1912. Ia pun rutin mengumpulkan masa, menggelar orasi, dan menerbitkan surat kabar dalam perjuangannya, hingga dianggap sebagai ancaman oleh pemerintah Hindia Belanda.

4. Kartini

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengangkat biografi tokoh nasional Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Film ini ditayangkan pada 19 April 2017 dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utamanya, Christine Hakim, Deddy Sutomo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Reza Rahadian.

Baca Juga:  Ciptakan Kualitas SDM Panti Asuhan, Pemkot Makassar Gelar Pelatihan Panti Cerdas

Menceritakan sosok Kartini yang tumbuh dewasa dengan pahitnya latar belakang kehidupannya, harus melihat ibu kandungnya, Ngasirah, terbuang menjadi pembantu di rumahnya sendiri karena tidak adanya darah ningrat. Ia pun bersikeras untuk menghapus tradisi yang telah turun menurun tersebut.

Karena latar belakangnya tersebut, Kartini pun berjuang menyetarakan hak bagi semua orang, baik ningrat atau bukan, khususnya hak pendidikan untuk kaum perempuan. Ia pun mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara. Perjuangannya pun digambarkan dengan jelas hingga akhir hayatnya dan dikenal sebagai sosok emansipasi wanita.

Itulah sejumlah film rekomendasi film yang bisa Anda tonton yang menggambarkan sejumlah tokoh yang berjuang demi Indonesia. Sudahkah Anda menontonnya?

  • Bagikan