Syarat Beasiswa Pemkot Surabaya untuk Siswa SMA Sederajat, 200 Ribu Per Bulan!

KABARINDAH.COM, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya membuka pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Gelombang 2 hingga tanggal 7 September 2022. Penerima beasiswa sekolah untuk siswa SMA, SMK, dan MA sederajat di Kota Surabaya ini akan mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp 200.000 per bulan.

“Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan. Nantinya, mereka yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu per anak per bulan, terhitung sejak diputuskan,” kata Kepala Bidang Kepemudaan, Disbudporapar Surabaya Pudji Astuti, dikutip dari laman Pemkot Surabaya, Sabtu (26/8/2022).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, beasiswa ini menjadi penunjang beasiswa yang ditawarkan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Baca Juga:  Ciptakan Generasi Qurani, UIN Bandung Berikan Beasiswa Tahfiz untuk Santri Pondok Pesantren Al-Kasyaf

“Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya,” kata Eri.

Kuota Beasiswa

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengingatkan siswa calon pendaftar untuk melengkapi data di aplikasi agar lolos seleksi administrasi.

“Jadi, kita sudah saring MBR-nya dan studinya, karena terkadang adik-adik SMK ini tidak mengisi lengkap di aplikasi, sehingga kita tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu, makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata Wiwiek.

Wiwiek mengatakan, total kuota Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya sebanyak 13.415 siswa.

Ada 1.421 siswa yang memenuhi kuota di Gelombang 1. Sementara itu, kuota Gelombang 2 yakni sisa dari kuota Gelombang 1 atau sekitar 11.994 siswa.

Baca Juga:  385 Sekolah dan Madrasah di Jawa Barat Divisitasi Secara Online!

“Jadi, kuotanya sangat banyak. Monggo dimanfaatkan dan segera daftar,” kata Wiwiek.

Syarat Beasiswa Pemkot Surabaya 2022 Gelombang 2

  • Warga Kota Surabaya (KK/KTP/KIA Kota Surabaya)
  • Memiliki prestasi Akademik di atas KKM yang dibuktikan dengan nilai rapor sejak kelas X (semester ganjil & genap) dan kelas XI (semester ganjil)
  • Memiliki prestasi nonakademik di bidang olahraga, seni, organisasi, lingkungan hidup, agama, dan lain sebagainya minimal tingkat regional, dibuktikan dengan sertifikat/penghargaan yang diraih maksimal 3 tahun terakhir dari tahun pengajuan beasiswa (scan asli format JPEG ukuran maksimal 2 MB).
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter instansi pemerintah.
  • Mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart https://besmart.surabaya.go.id/ .

Foto rumah yang diunggah adalah foto rumah tampak depan, ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi menggunakan aplikasi GPS MAPS Camera atau sejenisnya yang bisa merekam lokasi dan keterangan waktu foto.

Baca Juga:  Beasiswa KIP Kuliah Merdeka di Jabodetabek! Ini Daftar PTN dan PTS-nya

Pendaftaran beasiswa Pemkot Surabaya dibuka di laman besmart.surabaya.go.id. Untuk informasi selengkapnya, hubungi akun Instagram @besmart.disbudporaparsby atau kontak 082132870798 pukul 08.00-16.00 WIB. Semoga berhasil, ya!