Sukabumi Culinary Night, Ajang Promosikan Produk Kuliner Khas Daerah di Momen Libur Panjang

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Kota Sukabumi terkenal dengan kulinernya yang enak dan unik. Hal ini terus dikenalkan kepada masyarakat terutama kepada para wisatawan yang datang ke Sukabumi.

Salah satu upayanya melalui gelaran Sukabumi Culinary Night 2024 yang dihelat di Jalan Ir H Juanda (Dago) Kota Sukabumi pada 24-26 Mei 2024. Momen tersebut dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, unsur forkopimda, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekrnasda Kota Sukabumi Diana Rahesti.

” Maksud dan tujuan kegiatan ini memperkenalkan atau mempromosikan produk kuliner unggulan di Kota Sukabumi,” ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan. Selain itu menggembangkan potensi dan peluang wisata kuliner dan menumbuhkan kreativitas.

Baca Juga:  Pimpin Apel Perdana di 2024, Pj Wali Kota Sukabumi Dorong Peningkatan Layanan Publik

Menurut Agus, peserta dalam ajang ini ada sekitar 30 UMKM asal Kota Sukabumi. Selain itu ada lima pelaku UMKM asal Kabupaten Bekasi yang ikut dalam momen tersebut.

” Salah satu sektor yang berperan penting dalam pengembangan ekonomi yakni koperasi dan UKM,” ujar Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Namun dalam perjalanannya selain terkendala SDM, teknologi, pembiayaan atau modal ada faktor lain salah satunya pemasaran.

Makanya kata Kusmana, tahun 2023 kemarin sudah dilakukan dan hari ini dilakukan kembali. Ia menuturkan rencananya Culinary Night dilakukan di Agustus 2024, namun dimajukan digabung dengah Festival Kota Kita 2024.

” Selain mendorong pemasaran, juga momentum libur panjang,” ungkap Kusmana. Sebab, kunjungan wisatawan ke Sukabumi cukup membludak karena kehadiran pengunjing luar kota datang dan ini momen tepat promosikan kuliner.

Baca Juga:  Targetkan Kemenangan 60 Persen di Jateng, MU-Perubahan Masifkan Gerakan Untuk Menangkan Pasangan AMIN

Kusmana menuturkan, harapannya setiap kecamatan menggelar event serupa dengan melibatkan UMKM lokal. Hal ini dalam menyambut pembangunan Jalan Tol Bocimi yang akan masuk Kota Sukabumi.

” Di kecamatan juga mohon ada kegiatan seperti ini ditata untuj membangkitkan pelaku UMKM di setiap wilayah,” jelasnya. Intinya, Sukabumi Culinary Night menjadi momentum awal untuk mendorong pengembangan wisata kuliner di Kota Sukabumi.