Jelang Pilkada Kota Sukabumi, 21 Anggota Panwascam Dilantik

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Sebanyak 21 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Sukabumi dalam Penyelenggaraan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 dilantik di Hotel Selabintana, Jumat (24/5/2024). Para anggota panwascam tersebut diharapkan menjaga soliditas dan integritas serts mentalitas dalam menjalankan tugasnya.

Acara ini dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, unsur Forkompimda Kota Sukabumi, Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, dan Komisioner Bawaslu Kota Sukabumi. ” Saya menyampaikan selamat kepada 21 anggota Panwascam yang baru dilantik,” ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi, Yasti Yustia Asih.

Ia menekankan pentingnya menjaga solidiras dan integritas dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 agar berjalan sesuai aturan, akuntabel, dan profesional. Selain itu menjaga mentalitas agar tetap bertugas sesuai dengan tupoksinya.

Yasti  mengingatkan bahwa selama tahapan Pilkada, tidak ada hari libur, melainkan hari kerja untuk memastikan proses pengawasan berjalan optimal.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji mengatakan, pemkot mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembentukan Panwascam. Pemilihan Kepala Daerah merupakan tonggak penting dalam demokrasi yang memerlukan pengawasan ketat dan profesional.

” Saya berharap para Panwascam dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab, dedikasi, dan integritas, serta mampu bersikap netral dan tegas dalam menegakkan aturan pemilu,” ujar Kusmana. Ia juga menekankan pentingnya koordinasi yang baik dengan aparat keamanan dan masyarakat untuk menciptakan suasana pemilu yang kondusif dan aman.

Baca Juga:  Kendalikan Inflasi, Sukabumi Gerakkan Tanam Bawang Hidroponik Hingga Percepat Tanam Padi

Keputusan yang diambil lanjut Kusmana, harus berdasarkan kesepakatan secara kolektif kolegial, jangan ditentukan oleh pribadi sematan. Sebab, keputusan apa pun yang diambil oleh Panwascam itu memiliki konsekuensi hukum.

” Peran strategis Panwascam dalam memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat agar partisipasi pemilu berjalan bijak,” ungkap Kusmana. Ia menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2024 demi masa depan Kota Sukabumi yang lebih baik.

Bentuk dukungan ini dengan mengalokasikan anggaran untuk pengawasan. ” Saya berharap, partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 ini lebih meningkat dari Pemilu lalu,” jelasnya.