Kabar  

STMM Yogyakarta Kunjungi UM Bandung, Ini Bidang Yang Akan Digarap Bersama

Proses penandatanganan naskah kerja sama antara STMM Yogyakarta dan UM Bandung pada Senin 29 Agustus 2022.***

KABARINDAH.COM – Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STMM berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) pada Senin 29 Agustus 2022.

Selain silaturahmi, kunjungan yang terpusat di ruang rapat ini juga dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama antara STMM, LSP STMM, UM Bandung, serta Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung.

Ketua STMM Ir Noor Iza MSc mengatakan kunjungannya ke UM Bandung merupakan silaturahmi sekaligus untuk menjalin kerja sama kedua kampus dalam sertifikasi bidang komunikasi dan penyiaran.

”Para mahasiswa UM Bandung nanti bisa ikut sertifikasi profesi sesuai dengan Standar Kompetisi Nasional Indonesia (SKNI),” ucap Noor Iza.

Baca Juga:  Keren! Dosen dan Mahasiswa UM Bandung Terbitkan Buku "Pengolahan Limbah Industri Pangan"

Nantinya, tutur Noor Iza, STMM akan melaporkan hasil sertifikasi mahasiswa ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

”Jadi, untuk sertifikatnya nanti akan betul-betul resmi, mulai dari penomoran sertifikat dan sebagainya,” jelasnya.

Nilai tambah mahasiswa

Noor Iza juga mengatakan bahwa sertifikasi profesi bisa menjadi nilai tambah bagi mahassiwa ketika sudah lulus.

Sertifikasi penting sekali, menurut Noor Iza, karena menjadi bagian yang inheren dari para mahasiswa.

”Karena dunia kerja sekarang menuntut adanya sertifikasi tambahan seperti surat keterangan pendamping ijazah,” tutur Noor Iza.

Noor Iza berpesan, meskipun para mahasiswa sudah mendapatkan sertifikat, mereka perlu untuk terus-menerus mengembangkan potensi keahliannya dengan baik.

Melibatkan alumni

Sementara itu, Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung Prof Dr Nanang Rizali MSD sangat bersyukur atas penandatanganan kerja sama dengan STMM.

Baca Juga:  Sandiaga Uno: Semoga Ekonomi Digital Topang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Prof Nanang Rizali mengatakan bahwa nantinya pelaksanaan sertifikasi profesi bisa juga mengikutsertakan mahasiswa yang sudah jadi alumni.

”Pelaksanaannya nanti itu mulai tanggal 12-13 September dan para lulusan akan dibuatkan semacam penataran,” ungkap Prof Nanang Rizali.

Selain itu, Prof Nanang Rizali menjelaskan bahwa nantinya STMM Yogjakarta akan menjadi asesor sebagai perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam sertifkasi.

Ke depannya Prof Nanang Rizali berharap kedua kampus bisa menggarap bidang kerja sama lain untuk meningkatkan kemampuan para lulusan.

Sebagai informasi, selain Warek II UM Bandung Ahmad Diponegoro MSIE PhD, Ketua STMM Ir Noor Iza MSc, Direktur LSP STMM Drs Kusumo Gambriyanto MSi, dan Dekan Sosial dan Humaniora Prof Dr H Nanang Rizali MSD, dalam pertemuan hadir juga Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dra Euis Evi Puspitasari MSi serta Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Internasional H Jamhur SAg. *** (Firman Katon)

Baca Juga:  Karakteristik Entrepreneur Muslim Menurut Rektor UM Bandung