Sambut Tahun Baru dengan Semangat dan Kesederhanaan

Warga menyaksikan pertunjukan kembang api pada malam pergantian tahun di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (1/1). Pemprov DKI Jakarta menggelar puncak perayaan malam Tahun Baru 2016 berpusat di Ancol. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/16.

Oleh: Neng Ati Indriati, S.Pd, Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten Ciamis

Akhirnya tahun baru 2022 telah tiba dan kita sudah melewati di tahun 2021. Ada berbagai macam pengalaman menarik baik itu pengalaman buruk maupun bahagia. Di tahun 2022 ini semoga saja kita diberikan kesehatan jasmani dan rohani, semoga siapapun yang di tahun 2022 ini rezekinya mengalir dan dimudahkan urusannya.

Tahun baru seperti kertas putih dan pena berada di tangan kita. Maka saat ini adalah peluang untuk menulis narasi terbaik untuk diri kita. Menyonsong tahun baru, beberapa orang mempunyai resolusi, doa dan keinginan baru. Membuat dan mempunyai resolusi tiap tahun penting untuk beberapa orang. Supaya dalam satu tahun ke depan, dapat mengetahui apa arah hidup dan agar lebih konsentrasi untuk mencapainya.

Tahun baru 2022 ialah saat kita akan memulai satu cara ke arah tahun yang lebih bagus dari tahun yang lalu. Kita menyambut tahun baru dengan membawa sepercik keinginan dan mimpi yang ingin dicapai. Mudah-mudahan tahun baru ini semua mimpi menjadi realita dan semua upaya jadi perolehan yang mengagumkan.

Baca Juga:  Orang Kaya Jatuh Miskin Vs Orang Miskin Jadi Kaya

Tahun baru ialah keinginan dan semangat baru. Silakan bangun menyambut tahun baru dengan kepercayaan diri. Tersenyumlah menyongsong Januari tanggal satu.

Jalanilah dengan semangat yang menggebu motivasi agar semakin maju dan maju. Keberhasilan yang Anda nantikan akan Anda capai pada tahun baru. Jangan sampai menyerah dan temukanlah beberapa ribu argumen untuk selalu berusaha menyongsong awalan yang baru, dan janganlah lupa untuk jadikan hidup lebih memiliki makna dan berguna pada tahun 2022.

Hadiah terbaik untuk memulai tahun baru ialah hadiah yang kita beri atas perolehan diri yang sejauh ini kita kerjakan. Janganlah lupa juga selalu untuk mengucap syukur dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Tidak jadi masalah berapa saja hadiah yang diperoleh pada hari yang khusus ini, tetapi kita dikitari beberapa orang yang menyukai kita, lebih bernilai.

Hari ini, Sabtu tanggal 31 Desember akan meninggalkan tahun 2021 menuju 2022. Tahun baru kerap menjadi momentum untuk memulai lembaran baru. Perubahan positif yang terjadi sepanjang 2021 akan menyemangati dalam mengawali tahun baru dengan harapan yang lebih baik. Kita menyongsong tahun baru 2022 dengan lebih positif, memulai cara sederhana yang mudah diterapkan oleh semua orang.

Baca Juga:  Tim STEM SMP Muhammadiyah 8 Bandung Juara Nasional Ajang Kihajar STEM 2021

Tiga mindset ini dapat menularkan semangat optimisme menyambut tahun 2022, yaitu:

1. Evaluasi pencapaian di tahun 2021.

Belajar dari pengalaman adalah langkah terbaik untuk mengembangkan diri. Namun banyak dari kita belum menyadari berbagai pencapaian yang berhasil diraih selama tahun 2021 karena terlalu focus pada kegagalan. Alih-alih menyesali banyak rencana yang tertunda pada tahun ini, kita bisa belajar dari pengalaman tersebut untuk membuat perencanaan yang lebih matang untuk tahun 2022.

2. Buat resolusi sederhana dalam jangka pendek.

“NewYear, New Me” ini adalah kalimat yang identik dengan daftar rencana dan harapan sebagai resolusi yang harus dicapai pada tahun baru. Kita bisa membuat resolusi yang tepat agar tidak kewalahan untuk memenuhi semua target itu. Untuk memastikan segala rencana berjalan dengan baik dan efisien, kita dapat memulai dengan menentukan apa saja yang ingin dicapai dalam satu bulan ke depan.

Baca Juga:  Loose Parts Play: Piranti Permainan Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Jadi tak perlu terlalu lama hingga setahun. Mulai dari langkah kecil, lalu membuat rencana sederhana, seperti bagun sebelum adzan subuh, memasak sarapan sendiri, rutin beroleh raga semingu dua kali dan kegiatan bermanfasat lainnya yang dapat membantu hidup kita menjadi lebih baik.

3. Jangan lupakan andil banyak orang di sekitar kita dalam menunjang pencapaian selama ini.

Mereka yang memberik semangat saat rapuh, memberi peluang saat semua jalan terasa buntu, atau orang yang cukup mendengarkan keluh kesah. Mereka semua berjasa , kirim pesan atau kontak langsung dan ucapkan terima kasih

Masa lalu merupakan kenangan terindah, masa kini adalah yang nyata adanya sedangkan masa yang akan datang adalah suatu pengharapan setiap insan. Semoga dapat terwujud semua impian. Senja yang indah mengirimkan aura keemasan. Pertanda keagungan dan kekuasaaan Tuhan yang sungguh berlimpah.

Semoga di awal tahun ini selalu diberkahi perjalanan hidup kita dan diwujudkan segala cita-cita. Selamat menyonsong tahun baru 2022, semoga Allah selalu memberi rahmat berkah yang berlimpah bagi kita semua di Tahun Baru 2022.