Ramadhan dan Sertifikat Takwa

  • Bagikan

Oleh: DRS.H.IDAT MUSTARI, SH, Pemerhati Sosial Keagamaan

KABARINDAH.COM – Satu bulan lamanya kita akan mengikuti pendidikan, pelatihan di madrasah ruhaniyah, di bulan tarbiyah (syahru tarbiyah ) yakni Ramadhan. Selama satu bulan kita akan ditempa dididik, dilatih, dan dibimbing untuk menjadi insan yang mulia,yang sempurna paripurna

Adapun tutor ataupun pengajar di madrasah Ramadhan ini adalah Allah SWT, Rasulullah SAW, dan orang-orang yang telah ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT, yaitu orang-orang yang berilmu. “Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS al-Alaq [96]: 4-5).

Dalam ayat yang lain, “Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu al-Kitab dan al-Hikmah (as Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.” (QS al-Baqarah [2]: 151).

Adapun syarat untuk bisa jadi peserta di madrasah ini, adalah harus tercatat sebagai orang yang beriman “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS al-Baqarah (2): 183).

Di madrasah ini tidak semua peserta bisa lulus, mungkin lulus tapi nilai nya biasa-biasa saja, bahkan banyak yang tidak lulus, sebagaimana hadis Nabi saw “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy).

Semoga saja kita termasuk salah satu peserta yang lulus dengan nilai terbaik dan memperoleh sertifikat takwa.

MET sahur….MET buka puasa hari ke-1

Sehat selalu dan bahagia

Salam Takjim.

  • Bagikan