Pixel 6A, Ponsel Murah dan Canggih Milik Google

KABARINDAH.COM – Google Pixel 6A resmi diumumkan. Ponsel ini memiliki desain baru dan chipset khusus, namun tetap dengan harga terjangkau, yakni US$449 atau Rp6,5 juta, sama seperti harga Pixel 5A.

Pengumuman tersebut muncul saat raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu memulai konferensi pengembang Google I/O. Sayang, perangkat ini baru akan siap dijual pada 28 Juli mendatang.

Google Pixel 6A mengikuti desain unggulan dari Pixel 6 dan 6 Pro, yang mana memiliki tonjolan kamera horizontal dan bodi dengan dua warna. Sensor sidik jari juga mereka tanamkan di bawah layar.

Ponsel ini hadir dengan layar OLED 1080 pixel dengan bentang layar 6,1 inchi, serta membawa refresh rate 60Hz, menurut laman The Verge. Meskipun desainnya sama, Google Pixel 6A menawarkan spesifikasi kamera di bawah Pixel 6 dan 6 Pro.

Baca Juga:  Pendiri Apple, Steve Wozniak, Dirikan Perusahaan Pembersih Sampah Luar Angkasa

Google Pixel 6A juga berbeda dari ponsel seri-A sebelumnya, yang menawarkan sistem kamera yang sama dengan seri yang lebih mahal. Ponsel pintar ini menyertakan kamera belakang utama 12MP dengan stabilisasi gambar optik yang mengadopsi Pixel 5A, bukan warisan dari kamera utama 50MP pada Pixel 6. Ada juga kamera ultrawide 12MP dan kamera 8MP untuk bagian depan.

Menariknya, Google Pixel 6A hadir dengan baterai 4.400mAh yang lebih kecil daripada Pixel 5A yang mengemas daya 4.680mAh. Google mengklaim HP barunya ini akan bertahan sehari penuh seperti pendahulunya, bahkan tiga hari penggunaan dalam mode Extreme Battery Saver.

Sementara itu konfigurasi penyimpanannya adalah RAM 6GB dan ROM 128GB. Jika dibanding pendahulunya, Google Pixel 6A akan tersedia di lebih banyak negara, seperti Kanada, Inggris, Australia, Jerman, dan Prancis.

Baca Juga:  Sundar Pichai Sang CEO Google dari Kontrakan Ke Silicon Valley

Tak lupa juga Google Pixel 6A juga sudah didukung jaringan 5G. Mengikuti tren yang ada, Google juga tidak menyertakan jack headphone serta pengisi daya. Google Pixel 5A merupakan HP terakhir yang masih disertakan pengisi daya di dalam boks.