Kabar  

Milad ke-6 Universitas Muhammadiyah Bandung Dimeriahkan Open House dan UMKM Goes to Campus

KABARINDAH.COM – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) menggelar Open House dan UMKM Goes To Campus selama 3 hari dari Senin-Rabu (27-29/06/2022) di lobi utama UM Bandung.

Acara yang digelar dalam memeriahkan Milad ke-6 UM Bandung ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UM Bandung, perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, dosen ataupun mahasiswa UM Bandung, serta tamu undangan lainnya.

Perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Yayi Rahmat, SE, MM, mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap kegiatan positif ini bisa digelar setiap tahun.

Selain itu, Yayi Rahmat menyampaikan bahwa para pelaku usaha perlu mengetahui proses perizinan usaha mereka.

”Setelah saya monitoring, masih ada beberapa pelaku usaha pada sisi legalnya masih kurang dipenuhi, semoga ke depannya bisa dilengkapi,” ucap Yayi Rahmat.

Baca Juga:  UM Bandung Gelar Dialog Ramadhan dengan Kader Muhammadiyah 5 Benua, Simak Jadwalnya!

Hal itu, sambung Yayi Rahmat, perlu dilakukan karena terkait dengan aspek pengawasan dan lainnya. Kelengkapan legalitas itu, ucapnya, bisa dilakukan sembari para pelaku usaha menjalankan produksi usahanya.

”Nanti, BPOM akan lakukan pengawasan. Terus hak mereknya dikeluarkan oleh Kemenkumham yang harus dipelajari dan dipahami,” jelasnya.

Selain aspek legal, upaya pelatihan atau bimbingan dari para senior yang ada di Dinas Koperasi Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat bisa dilakukan, khususnya untuk para pelaku usaha yang ada di UM Bandung.

Lebih lanjut Yayi Rahmat berharap agar para akademisi UM Bandung mendukung para mahasiswanya yang kreatif dan berkemauan dalam menjalankan usahanya.

”Semoga saja teman-teman di sini, khususnya para mahasiswa, ke depannya tambah maju dan sukses lagi,” harapnya.

Baca Juga:  Kenalkan Kampus Sejak Dini, SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Kunjungi UM Bandung

Selain itu, Yayi Rahmat menyampaikan bahwa mahasiswa UM Bandung bisa berkonsultasi terkait usaha dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Wakil Rektor I UM Bandung Dr Hendar Riyadi, MAg, mengapresiasi atas kegiatan Open House dan UMKM Goes to Campus ini.

”Ini adalah awal 6 tahun yang ingin kita rancang untuk 2045 menjadi Islamic Technopreneurial University,” ujar Hendar Riyadi.

Ketua Panitia Milad UM Bandung 2022, Utan Ritonga Sahiro, SP, MSc, mengatakan berdirinya UM Bandung merupakan berkat perjuangan yang panjang.

“Semoga pancapaian UM Bandung saat ini dan di masa yang akan datang selalu mendapat keberkahan Allah Swt,” ungkap Utan dalam sambutannya.

Menurut Utan, kegiatan Open House merupakan rangkaian acara Milad UM Bandung ke-6 yang digelar cukup meriah.

Baca Juga:  Songsong Indonesia Emas 2045, Dosen PMII Gelar Muktamar Pemikiran

“Sebelumnya dilaksanakan lomba akademik IYSA, perlombaan non akademik, bakti sosial yang terdiri dari pemeriksaan kesehatan dan psikologis,” terang Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung ini.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu rangkaian penyelenggaraan Milad UM Bandung ke-6.

“Para donatur yang mendukung untuk kelancaran kegiatan milad ini dan beserta seluruh panitia kami ucapkan terima kasih sebesarnya atas semua dedikasinya,” tutup Utan.

Untuk diketahui, kegiatan ini terbuka untuk umum. Sebanyak 11 pelaku UMKM dari luar UM Bandung ikut berpartisipasi.

Sementara dari UM Bandung ada 18 program studi yang ikut andil menampilkan produk dan karya masing-masing. ***(Firman/Cecep)