Kabar  

Mengasah Kreativitas Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Kids’ Theater

KABARINDAH.COM, Bandung – Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Bandung (PIAUD UM Bandung) melaksanakan Kids’ Theater di Mini Theater Room UM Bandung pada Sabtu (04/02/2023).

Para mahasiswa PIAUD semester 5 ini menampilkan berbagai pertunjukan teater dengan beragama tema. Kegiatan ini menjadi salah satu rangakaian ujian akhir semester (UAS) bagi 73 mahasiswa PIAUD dalam mata kuliah pembelajaran seni rupa untuk anak usia dini.

Dosen pengampu mata kuliah seni rupa untuk anak usia dini Lilis Lismarina SPd MPd mengatakan, kegiatan yang berlangsung meriah, menyenangkan, dan ceria ini merupakan project dalam bentuk teater untuk anak usia dini.

Lilis menerangkan, dalam kegiatan ini, para mahasiswa menerapkan berbagai pembelajaran dari mata kuliah seni rupa untuk anak usia dini seperti face painting dan kostum karakter. ”Dalam kegiatan ini mereka dilatih untuk mengembangkan kreativitas, kemudian membuat cerita yang menarik dan edukatif untuk anak-anak,” tutur Lilis.

Baca Juga:  Seminar "Say No To Bullying" UM Bandung, Upaya Mencegah Perundungan di Kalangan Siswa

Lilis juga mengatakan, para mahasiswa dalam penampilannya menerapkan berbagai teknik properti, misalnya teknik dua dimensi dan tiga dimensi. Oleh karena itu, Lilis berharap kegiatan ini menjadi pemantik inspirasi mahasiswa.

”Saya harap kegiatan ini bisa menginspirasi mereka dalam menerapkan berbagai kegiatan positif bagi anak usia dini khususnya dalam bidang seni rupa,” tutur Lilis.

Para mahasiswa bebas memilih tema untuk pertunjukan teaternya masing-masing. Tema yang dipilih tentu saja yang bisa menstimulus perkembangan dan kreativitas anak.

”Jadi, kegiatan ini nantinya dapat menstimulus perkembangan anak seperti kreativitas, daya imajinasi, mampu mengekspresikan perasaan, melatih kepercayaan diri, team work, dan masih banyak lagi,” ungkap Lilis.

Sementara itu, salah satu mahasiswa PIAUD Siti Nur Latifah mengaku sangat senang dengan kegiatan UAS seperti ini. Kegiatan ini kata Siti menjadi inspirasi bagi dirinya ataupun teman-temannya dalam pengembangan pengajaran PIAUD.

Baca Juga:  Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kembali Rawat Pasien Covid-19 Kategori OTG

”Tentunya sangat seru dan menginspirasi bagi kita semua yang mana ini bisa kita terapkan lagi di satuan pendidikan anak usia dini kita masing-masing,” kata Siti.

Dalam pementasannya, Siti bersama rekan-rekan menampilkan drama persahabatan yang bertema hewan. ”Kami menceritakan bagaimana persahabatan seorang teman, bagaimana mereka tetap akur, bergotong royong, dan saling menyayangi satu sama lain,” ungkap Siti.

Berbagai macam hewan ada dalam kisah yang Siti bawakan, seperti gajah, singa, jerapah, kura-kura, beruang, burung, monyet, dan sebagainya. Siti dan rekan menyiapkan UAS ini selama dua minggu. ”Persiapannya sendiri mulai dari kostum, cerita, dan sebagainya itu kurang lebih dua minggu,” tandas Siti.***(FK)