Maulana Ahsan, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung Langganan Juara

Maulana Ahsan.***

KABARINDAH.COM — Maulana Ahsan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung langganan juara, memang bukan isapan jempol belaka. Ini benar adanya. Sederet prestasi sudah banyak diraih olehnya.

Mahasiswa prodi Ilmu Komuniasi yang satu ini tak henti-hentinya menorehkan prestasi, khususnya di bidang public speaking. Terbaru, Maulana Ahsan kembali menjuarai lomba public speaking pada Minggu (20/03/2022).

Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus dengan tema “Show Your Speaking Talent to The World, Stay Confident, and Let’s Start From Here”.

Ahsan mengatakan, informasi mengenai perlombaan tersebut ia didapat dari media sosial.

”Nah pas waktu itu langsung aku kayak, ikutan enggak ya? soalnya lombanya tuh hari Minggu, sedangkan hari Minggu itu aku kerja, akhirnya sudahlah aku ikutan,” ucap Ahsan di kampus UM Bandung belum lama ini.

Baca Juga:  Inilah 5 Perguruan Tinggi yang Dijamin Jadi PNS Setelah Kamu Lulus

Pada perlombaan tersebut, kata Ahsan, setiap peserta akan diberikan topik-topik berbeda. Misalnya acara wisuda, resepsi wedding, upacara kenegaraan, dan sebagainya.

Nantinya setiap peserta akan mempraktikkan sebagai MC sesuai dengna topik yang telah diberikan.

”Dan kebetulan pas diundi aku dapat MC wisuda, langsung aku cari referensi. Selain itu, kita juga disuruh bikin teks MC-nya sendiri,” lanjut Ahsan.

Perlombaan yang diadakan secara daring tersebut, membuat dirinya harus mempersiapkan segalanya. Mulai dari koneksi jaringan hingga kepahamnya terhadap topik yang ia bawa.

”Karena lombanya live di zoom itu kayak bener-bener kita harus mempersiapkan semuanya, mulai teknis koneksinya harus bagus, kalau enggak bagus, hal tersebut jadi hambatan bagi kita,” jelas Ahsan.

Baca Juga:  Resmi Dilantik, BEM UMBandung Diharapkan Terus Berkontribusi Positif

Bagi yang ingin mengikuti lomba seperti itu, menurut Ahsan, untuk tidak pernah menyerah dan selalu mencoba.

”Tipsnya kita harus tetap latihan, mencoba dan terus mencoba, dari situ kita bisa mengambil intisari yang kita dapat,” katanya.

Ahsan punya keinginan yakni suatu dirinya bisa berdiskusi atau mengobrol lebih banyak mengenai pengalaman seputar public speaking yang masih belum diketahui banyak orang.

”Apalagi public speaking merupakan bagian dari soft skills yang wajib kita kuasai karena di dunia kerja, juga nanti yang dinilai bukan hanya hardskill-nya saja gitu, kamu bisa ini bisa itu, tapi kemampuan komunikasi kalian juga itu menjadi nilai plus,” tandas Ahsan.***