Kabar  

Luar Biasa! Psikologi UM Bandung Borong Prestasi di IPCOM 2023

KABARINDAH.COM, Bandung – Program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) berhasil memborong berbagai penghargaan pada ajang Islamic Psychology Competition (IPCOM) IV 2023.

Acara tingkat nasional itu berlangsung di Gedung Abdjan Soelaiman UIN Bandung pada Jumat (12/05/2023) serta diikuti oleh 195 peserta dari berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Tiga mahasiswa prodi Psikologi yakni Aliza Nur Muhammad, Bunga Alodia Isfara, dan Yudi Hadiana Hadiyat berhasil meraih juara satu pada lomba Psy Essay Kategori Kelompok.

Dalam penulisan esai, ketiga mahasiswa itu membahas seputar ”Mindful Parenting dalam Kacamata Islam di Era VUCA”.

Yudi Hadiana Hadiyat menjelaskan bahwa mindful parenting sudah ada dalam Al-Quran yang dikenal dengan nama ”muraqabah”.

”Allah sudah memerintahkan agar orang tua melalui mindful parenting dapat mengedepankan aspek kesadaran, kesehatan emosi, dan penerimaan sesuai dengan nilai Islam pada anak,” ucap Yudi.

Baca Juga:  Rencana Kenaikan BBM Bersubsidi, Kader IMM Jabar Siap Kuliah di Jalan

Pria yang hobi traveling ini juga menjelaskan bahwa mindful parenting menjadi hal yang penting bagi orang tua pada era VUCA.

”Saat ini banyak sekali distraksi, ketidakpastian, dan keambiguan pada kehidupan sehingga mindful parenting saat penting bagi orang tua dalam mendidik anak,” jelas Yudi.

Lomba Psy-Lagu Religi

Sementara itu, mahasiswa Psikologi lainnya, Shakira Diva Rahman, berhasil meraih juara dua pada lomba Psy-Lagu Religi kategori individu.

Ia mengatakan, pada kategori lomba Psy-Lagu Religi, para peserta harus mengirimkan dan meng-upload video cover song ke media sosial yakni Youtube.

”Kebetulan aku cover lagu Rossa yang judulnya itu ’Takkan Berpaling Darimu,’” kata Shakira.

Meskipun awalnya mengalami kesulitan dalam pembuatan video, Shakira mendapatkan dukungan dari Tim Promosi dan PMB UM Bandung.

Baca Juga:  Top! Mahasiswa UIN Bandung Sabet Juara I Lomba Debat Hukum Konstitusi Tingkat Nasional

”Alhamdulillah dari rekaman hingga proses pembuatan video dibantu sampai selesai oleh tim produksi PMB UM Bandung,” tutur Shakira.

Mahasiswa asal Bekasi ini juga mengatakan bahwa ada beberapa aspek dalam penilaian dalam lomba itu. Misalnya teknik vokal, interpretasi lagu, dan penampilan.

”Intinya sih banyak berlatih dan berani mencoba karena mengikuti bermacam-macam lomba dapat mengasah kemampuan kita,” imbuh Shakira.

Selain Aliza Nur Muhammad, Bunga Alodia Isfara, Yudi Hadiana Hadiyat, dan Shakira Diva Rahman berikut beberapa mahasiswa Psikologi UM Bandung yang juga meraih penghargaan pada acara IPCOM IV 2023.

Achmad Fajrin Nurrachim, Ajeng Maulidina Rahma, dan Shilva Anadya Putri meraih Juara 2 Lomba Psy-HCMotion Kategori Kelompok.

Baca Juga:  Olimpiade Tokyo, Jonatan Christie Melenggang ke 16 Besar

Adisty Sheyra Muchyi Pratama dan Danti Noviani Juara 3 Lomba Psy-HC-Motion Kategori Kelompok. Adisty Sheyra Muchyi Pratama dan Danti Noviani Juara 3 Lomba Psy-Poster Kategori Kelompok.

Eva Walidah Fakhriyah, Azmi Fadiyah Nir Azizah, dan Nita Zulfia Juara 3 Lomba Psy-Poster Kategori Kelompok. Hasanah Nur Aulia dan Laznah Fitri Nurazizah Juara 3 Lomba Psy-Cerpen Islami Kategori Kelompok.

Selamat kepada para pemenang.***(FK)