Kabar  

Lewat Forum Perangkat Daerah, Kota Sukabumi Dukung Jadi Kota Literasi

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Pemkot Sukabumi berupaya mendorong program dan kegiatan dalam mendukung terwujudnya sebagai kota literasi. Caranya dengan menaikkan indeks literasi yang sejatinya sudah diatas Provinsi Jawa Barat.

” Alhamdulillah terselenggara FPD dispusipda, berharap banyak forum ini karena sebagai kota literasi,” ujar Bunda Literasi Kota Sukabumi, Diana Rahesti yang hadir dalam pembukaan Forum Perangkat Daerah (FPD) untuk perencanaan 2025 Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) di Hotel Taman Sari, Senin (19/2/2024). Dalam momen ini diberikan sertifikat akreditasi perpustakaan sekolah kepada delapan sekolah di Kota Sukabumi.

Menurut Diana, Kota Sukabumi ingin terus mendorong naiknya indeks literasi. Targetnya anak-anak tingkat PAUD hingga SMA melek literasi. Salah satunya ditunjukkan melalui program literasi anak oleh komunitas atau duta literasi dalam meningkatkan indeks literasi.

Baca Juga:  Rakor Lintas Sektoral, Persiapkan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Sukabumi

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Sukabumi M Hasan Asyari menambahkan, Indeks Literasi Kota Sukabumi melebihi IPM Jabar. ” Melalui Forum perangkat daerah ini berkoordinasi, berkolaborasi dan sinkronisasi program literasi,” jelasnya.

Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Galih Marelia mengatakan, t<span;>ema forum perangkat darah ini menguatkan pembangunan kota yang inklusif dan berkelanjutan. Di antaranya menjelaskan program dan kegiayan perangkat daetah dengan usulan hasil musrembang di kecamatan dan penyempurnaan rencana dispusip.

” Menggali masukan dari unsur pentahelix untuk melahirkan kegiatan bermakna dan bermanfaat,” kata Galih. Khususnya dalam mendorong target indeks literasi yang naik dari tahun ke tahun.