Inilah 4 Bank yang Ditunjuk Resmi untuk Pembayaran UTBK SBMPTN 2021

KABARINDAH.COM – Pendaftaran UTBK-SBMPTN, salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri sudah dibuka sejak 15 Maret 2021. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 ini akan berlangsung hingga 1 April 2021.

Sedangkan pelaksanaan UTBK bertepatan dengan bulan Ramadhan, yaitu 12-18 April dan 26 April-Mei. Hasil SBMPTN rencananya akan diumumkan pada 14 Juni.

Cara bayar UTBK-SBMPTN 2021 Agar bisa mendaftar SBMPTN, salah satunya peserta harus membayar biaya seleksi. Rincian biaya seleksi SBMPTN sebagai berikut:

Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum. Rp 300.000 untuk kelompok ujian Campuran.

Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya. Lalu bagaimana cara bayar UTBK 2021? Kordinator Humas LTMPT 2021 Ismaini Zain menjelaskan pembayaran dilakukan setelah peserta memilih prodi dan pusat UTBK.

Baca Juga:  Prodi Psikologi UMBandung Gelar Webinar Penulisan Jurnal Ilmiah, Hadirkan Profesor dari Malaysia!

Pembayaran juga hanya bisa dilakukan di 4 bank yang sudah ditunjuk, yaitu Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI. Selain keempat bank tersebut, Ismaini menegaskan, tidak ada lagi tempat pembayaran lainnya termasuk e-wallet.

Sementara itu biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.