Enggar Tri Hatmojo, Siswa MI Muhammadiyah Pacitan Juara Catur Tingkat Nasional

KABARINDAH.COM, PACITAN – Siswa MIM Pacitan, Enggar Tri Hatmojo, berhasil meraih juara I catur tingkat nasional, Ahad (15/8/2021). Enggar berhasil mengalahkan 24 peserta, perwakilan dari provinsi se-Indonesia dalam Turnamen Catur Pelajar tingkat nasional.

Siswa yang masih duduk di kelas V MI Muhammadiyah 3 Padi, Tulakan, Pacitan, tersebut berhasil mengumpulkan 10 poin dari 10 pertandingan yang diikuti. Dan dari 10 game yang dimainkan, dia hanya kalah sekali dan memenangi 9 pertandingan.

Kepala MI Muhammadiyah 3 Padi Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Bambang Sutaryo SPdI mengungkapkan, pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh orang tua dan guru di sekolah.

“Di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, Alhamdulillah tidak menyurutkan prestasi dan semangat dari putra didik kami dalam menghadapi perlombaan skala nasional tersebut,” kata Bambang.

Baca Juga:  Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Akhlak dalam Membangun Karakter Peserta Didik

Perhelatan Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional diselenggarakan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) secara daring yang dimulai pada Sabtu (14/8/2021). Turnamen tersebut diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA dengan total 2354 peserta dari 24 provinsi yang berbeda.

Jago Action

Enggar, putra tunggal dari pasangan Khoiri dan Jamilah tersebut memang telah sering menorehkan prestasi di bidang catur. Perjalanan awal Enggar mengenal Catur dimulai saat seorang guru berkunjung ke rumahnya.

Saat itu, di teras rumah, sang guru menemukan catur berserakan di atas meja. Sang guru lantas bertanya, siapa yang memainkan catur tersebut? Apakah Enggar suka bermain catur?

Enggar pun menjawab suka. Bahkan sempat bertanya apakah di sekolah ada catur? Sang guru menjawab ada, lantas meminta Enggar untuk menantang teman-teman di sekolahnya apakah ada yang bisa bermain catur? Karena dewan guru di sekolah juga sedang mencari bibit atlet.

Baca Juga:  Dekan FST UIN Alauddin: Mahasiswa FST Harus Kreatif dan Berakhlak Mulia!

Kepala Madrasah pun merasa bangga atas pretasi yang ditorehkan Enggar. Sebagai siswa MIM 3 Padi yang meskipun terletak di pedesaan, namun Enggar mampu bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia.

“Bahkan para pemenang dijanjikan untuk mengikuti turnamen catur tingkat internasional,” imbuh Bambang. Selain jago catur, Bambang mengungkapkan, Enggar juga jago acting bersama teman dan guru di sekolahnya.

“Dia pernah menjadi pemeran utama dalam video klip lagu religi Syaikhona, kolaborasi dengan grup musik youtuber Lazzuard Official,” terang Bambang.

Bambang pun mendorong pihak keluarga untuk bekerjasama dengan sekolah dalam meneruskan potensi Enggar di bidang catur.

Berikut daftar prestasi Enggar Tri Hatmojo yang pernah diraih:

Baca Juga:  Prodi Psikologi UMBandung Gelar Webinar Penulisan Jurnal Ilmiah, Hadirkan Profesor dari Malaysia!

Juara 1 Catur U 7-9 tingkat Kabupaten dalam rangka Ulang Tahun Percasi Kabupaten Pacitan
Juara 1 tingkat Provinsi. Kejuaraan Provinsi U 7-9 Tahun 2020
Juara Harapan di Kompetisi Aksioma tingkat Kabupaten Tahun 2018
Juara 3 Kejuaraan Kota Yogyakarta Tahun 2021
Juara 3 usia dasar Tahun 2020 di Pasuruan
Juara 1 antar pelajar tingkat nasional U7-9 Tahun 2021 oleh PB Percasi Pusat.