Kabar  

Berkesan! Program Studi Administrasi Publik UM Bandung Berkunjung ke LAN RI

KABARINDAH.COM, Jakarta — Program studi Administrasi Publik (AP) Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) mengunjungi Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) dalam rangka pelaksanaan research and practice di Jakarta pada Rabu (07/12/2022).

Kegiatan dengan tema “The Role and Duties of Policy Analysis in The Policy Making Process” ini diikuti oleh 8 orang dosen dan 100 orang mahasiswa yang terdiri dari beberapa angkatan.

Program ini merupakan bagian dari kurikulum sekaligus sebagai langkah antisipasi bagi prodi Administrasi Publik dalam melihat tantangan dan peluang analisis kebijakan publik di era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA).

“Kami disambut baik oleh pihak LAN RI. Salah satu rangkaian kegiatan bersama LAN RI adalah diskusi terkait dengan perumusan kebijakan. Jadi, selain bertujuan menambah pengalaman bagi mahasiswa, melalui diskusi ini juga dapat menambah wawasan seputar perumusan kebijakan,” ujar Rikki Maulana Yusuf selaku panitia pelaksana.

Baca Juga:  Dadang Kahmad: Membaca Adalah Perintah Allah Yang Harus Dilaksanakan

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga mendapatkan kuliah umum dari pakar dan praktisi langsung dari LAN RI.

Ketua program studi Administrasi Publik UM Bandung Mety Mediyastuti Sofyan SSos MAP mengatakan bahwa kegiatan riset dan praktek ini juga merupakan salah satu upaya akademik untuk memberikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman kepada mahasiswa.

“Ristek ini pun mempunyai tujuan untuk mengaplikasikan teori-teori administrasi publik agar mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam berbagai segi penyelenggaraan administrasi publik pada pemerintah daerah yang dilakukan secara terbimbing dan terpadu guna memenuhi persyaratan pembentukan profesi AP,” katanya.

Mety berharap terselenggaranya riset dan praktek mahasiswa dapat menjadikan mereka sebagai lulusan yang memiliki kompetensi profesional di bidang administrasi publik yang sejalan dengan tuntutan pembangunan bangsa dan publik.

Baca Juga:  Bill Gates: Keluarga yang Bikin Hidupmu Bahagia!

Selain itu, pada kunjungan ke LAN RI ini juga mahasiswa berkesempatan melakukan interaksi mengenai profesi analisis kebijakan. Kultur LAN RI yang egaliter dan akademik dinilai sangat cocok jika dikunjungi oleh akademisi yang mau belajar.

Fatur salah satu perwakilan mahasiswa Administrasi Publik UM Bandung menyampaikan bahwa kunjungan ini berkesan dan bermanfaat.

“Ristek tahun ini cukup berkesan untuk saya pribadi karena mengunjungi instansi pemerintah yang belum pernah dilakukan oleh prodi kita. Dari segi materi pun sangat bermanfaat bagi kami terutama angkatan 2019 karena bisa membuka mata kami terkait pembuatan kebijakan serta sumber dayanya. Tentunya hal ini juga bisa menjadi bekal kami ketika kami bekerja ataupun melanjutkan studi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dosen Farmasi UM Bandung Jelaskan Apa Itu Napza dan Dampak Penyalahgunaannya

Ia pun berharap prodi Administrasi Publik UM Bandung dapat melakukan kerja sama dengan instansi-instansi pemerintah.

“Harapannya semoga antara prodi AP UM Bandung dengan instansi-instansi pemerintah bisa segera melaksanakan MoU agar membuka peluang untuk mahasiswa melakukan praktik magang dan bekerja,” tandasnya.***