Ibrah  

Ayo Ikutan Madrasah Fest 2023, Perkuat Moderasi Beragama di Dunia Pendidikan Islam

KABARINDAH.COM-

Semarak Madrasah Fest 2023 akan segera dimulai dengan agenda Kick Off yang berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta pada tanggal 24 Juli 2023. Kompetisi bergengsi ini berasal dari landasan utama dan ciri khas pendidikan keagamaan Islam di Madrasah yang akan menyuarakan dan mengusung pendidikan agama moderat serta menolak bibit radikalisme di dunia pendidikan.

Dalam upaya memperkuat pendidikan agama yang berkualitas, Moh.Isom selaku Direktur KSKK Madrasah menyatakan bahwa Madrasah Fest 2023 memiliki tujuan yang sangat jelas.

“Madrasah Fest bertujuan untuk menyediakan wadah bagi siswa madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat di bidang ilmu keagamaan, memotivasi mereka untuk meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, serta menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah,” ujarnya, Sabtu (22/7/2023).

Baca Juga:  Bulan Suci Ramadhan Jadi Momentum Memperbaiki Kualitas Ibadah

Agenda yang terlaksana berkat kerjasama Direktorat KSKK Madrasah dan FITK UIN Jakarta ini diharapkan memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh civitas akademik di Madrasah. Dengan menggelar kompetisi di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah hingga nasional, Madrasah Fest 2023 mampu menyebarkan semangat moderasi beragama dan menjaga agar Madrasah tetap menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menolak radikalisme.

Pelaksanaan Kompetisi Madrasah Fest 2023 akan menyuguhkan berbagai kompetisi menarik, seperti Memorizing Holy Qur’an, Reciting Holy Qur’an, Explaining Holy Qur’an, Memorizing Hadits, Reading Islamic Turats, Islamic Trending Issues Debate Contest, Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest, dan Creative Design Fest.

Dengan beragam lomba tersebut, Madrasah Fest 2023 diharapkan dapat membuka peluang bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang keagamaan serta menciptakan siswa-siswa terbaik yang mencintai dan menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dengan baik.

Baca Juga:  Mahasiswa UMBandung Raih Juara 1 National Business Plan Competition

Isom menegaskan bahwa Madrasah Fest 2023 tidak hanya berfokus pada aspek kompetisi semata, tetapi lebih pada upaya meningkatkan akhlak mulia, kreativitas, inovasi, berwawasan kebangsaan, kedisiplinan, dan kesehatan siswa.

“Semangat kompetitif yang sehat akan dijunjung tinggi untuk mencetak generasi penerus yang menjadi duta Indonesia yang membanggakan serta mengharumkan nama bangsa,” tambah Isom.

“Madrasah Fest 2023 akan memberikan kesempatan bagi siswa-siswa berbakat untuk unjuk gigi dan meraih prestasi di tingkat internasional,” lanjutnya.

​”Sebagai ajang berkualitas, Madrasah Fest 2023 akan membuka jalan bagi bibit-bibit unggul yang dapat mengharumkan nama bangsa dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berintegritas dan mencintai bidang keilmuannya,” terang Guru Besar asal Jawa Timur ini.

Baca Juga:  UMBandung Selaraskan Kurikulum Merdeka Belajar

Jangan lewatkan moment bersejarah dalam dunia pendidikan keagamaan dan moderasi beragama. Saksikan Kick Off Pelaksanaan Kompetisi Madrasah Fest 2023 di UIN Jakarta pada tanggal 24 Juli 2023 dan bergabunglah dalam mewujudkan visi pendidikan agama yang moderat dan berkualitas.