Kabar  

Alhamdulillah, UM Bandung Punya Kafe Kampus Berbasis Wakaf Produktif

KABARINDAH.COM, Bandung — Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) sukses menggelar grand opening kafe kampus pada Kamis (15/09/2022). Kehadiran kafe kampus ini atas kerja sama dengan Sinergi Foundation.

Opieun Bandung dan Mie Topia menjadi merek produk bagi kafe kampus UM Bandung. Lokasi kafe tepat di selasar basement belakang UM Bandung. Tempatnya cukup terbuka, luas, dan strategis.

Kehadiran kafe kampus ini bisa menjadi ruang kreativitas dan tempat berkumpul atau berdiskusi khususnya untuk para mahasiswa UM Bandung.

CEO Sinergi Foundation Asep Irawan mengaku bangga dengan pendirian kafe UM Bandung itu. Ia menjelaskan bahwa kehadiran kafe kampus di UM Bandung ini menjadi kafe pertama yang berbasis wakaf produktif.

“Kafe ini merupakan hasil kolaborasi yang apik antara Universitas Muhammadiyah Bandung dengan Sinergi Foundation,” ucapnya.

Baca Juga:  Prof. H. Dadang Kahmad: Kematian Itu Sudah Tertulis

Asep Irawan menyampaikan optimismenya terhadap perkembangan pada kafe yang ada di UM Bandung itu.

“Bahkan sudah ada beberapa kampus yang meminta agar kafe kampus semacam ini di-copy paste di tempat mereka,” tuturnya.

Asep berharap akan adanya kolaborasi dari semua pihak khususnya mahasiswa dalam memakmurkan kafe kampus itu.

“Ayo kita ramaikan baik itu dengan makan dan minum di kafe ini ataupun share di media sosial bahwa di UM Bandung sudah berdiri kafe kampus,” ajaknya.

Sementara itu dalam sambutannya Rektor UM Bandung sangat senang atas hadirnya kafe di UM Bandung. Herry Suhardiyanto mengatakan bahwa dengan adanya kafe di lingkungan UM Bandung akan menjadi upaya dalam menghadirkan fasilitas bagi mahasiswa.

Baca Juga:  Mahasiswa UPI Rancang Ruang Publik Ramah Lingkungan dan Disabilitas di Kota Bandung

“Ketika nanti ribuan mahasiswa berkuliah secara tatap muka, kalau tidak ada kafe ini, repot sekali bagi mahasiswa,” katanya.

Sayembara nama kafe

Meskipun begitu, UM Bandung sengaja belum menentukan nama untuk kafe yang berlokasi di basement ini. “Ada baiknya kalau kita sama-sama memikirkan nama yang pas untuk kafe kita ini,” katanya.

Oleh karena itu, rektor UM Bandung kedua ini menyelenggarakan sayembara bagi sivitas UM Bandung untuk menentukan nama kafe.

Bagi pihak-pihak yang punya ide kreatif, baik mahasiswa, dosen, maupun tendik, kata rektor, silakan untuk ikut sayembara.

“Jadi, silakan bagi mahasiswa, dosen, ataupun tendik yang punya ide-ide kekinian ikut sayembara ini,” terangnya.

Baca Juga:  Psikologi UIN SGD Jalin Kerja Sama dengan Puspaga Bandung

Bagaimana dengan hadiahnya? Rektor menjelaskan bahwa pemenang sayembara nantinya akan mendapatkan hadiah yang menarik.

“Untuk juara ketiga itu 5 hari gratis makan, hadiah kedua 10 hari gratis makan dan minum, dan yang pertama itu 20 hari bebas makan dan minum,” jelasnya.

Di samping peresmian kafe, UM Bandung dan Sinergi Foundation juga menandatangani naskah kerja sama. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan rektor UM Bandung dan CEO Foundation.

Tambahan informasi, selain Rektor UM Bandung dan CEO Sinergi Foundation, hadir juga perwakilan OJK Jawa Barat, Direktorat Pemeberdayaan Zakat & Wakaf Kemenag RI, Badan Wakaf Indonesia, dan Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah (secara virtual).*** (FK)