Kabar  

7 Tahapan Keberhasilan HMJ dalam Penerbitan Artikel Mahasiswa di Jurnal Ilmiah

KABARINDAH.COM- Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan tujuh tahapan agar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) berperan besar dalam memastikan keberhasilan penerbitan artikel mahasiswa di jurnal ilmiah.

Saat ini mahasiswa seluruh jenjang memasuki satu fase dimana mereka memiliki tantangan menulis artikel dan menerbitkannya di jurnal ilmiah. “Hal ini bukan tantangan berat karena HMJ dapat berperan untuk mengatasinya,” tegas Yudi sapaan akrabnya, Senin (03/05/2021)

Menurutnya, menulis artikel dan menerbitkannya di jurnal ilmiah dapat ditempuh melalui tujuh tahapan diantaranya:

Pertama, Himpun dan organisasikan sumber daya mahasiswa jurusan; Kedua, Selenggarakan kegiatan kursus menulis artikel dengan menghadirkan pelatih; Ketiga, Lakukan penulisan artikel secara bertahap sesuai panduan sampai menghasilkan naskah artikel; Keempat, Laksanakan kegiatan konferensi dengan mengundang partisipan secara luas untuk presentasi artikel; Kelima, Libatkan para ahli bidang ilmu untuk melakukan tinjauan tehadap presentasi artikel pada kegiatan konferensi; Keenam, Lakukan penyempurnaan artikel sesuai hasil tinjauan ahli bidang ilmu dalam kegiatan konferensi; dan Ketujuh, Hubungi editor conference series untuk pengajuan penerbitan artikel-artikel keluaran (output) kegiatan konferensi.

Baca Juga:  ACT Tasikmalaya Gencarkan Aksi Bantuan Pangan Pra-Ramadhan untuk Warga Membutuhkan

“Melalui tujuh tahapan ini, maka dipastikan artikel-artikel mahasiswa terbit di jurnal ilmiah. HMJ diyakini dapat mengorganisasi mahasiswa untuk memastikan keberhasilan penerbitan artikel-artikel di jurnal iilmiah,” pungkasnya.