Wisuda Online 2021: Rektor UNESA Dorong Lulusan Jadi Duta Penggerak Perubahan di Tengah Masyarakat

KABARINDAH.COM, SURABAYA – Pertama kalinya Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan wisuda online gelombang pertama pada Sabtu (21/08/2021). Acara tersebut mengusung tema “Menjadikan Lulusan UNESA yang Unggul, Berdaya Saing, dan Adaptif di Era Distrupsi Teknologi”.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Rektor UNESA menjelaskan mengenai pembelajaran sepanjang hayat (long life education). Mengacu pada paradigma tersebut, lanjutnya, belajar sebaiknya tidak berhenti dengan berakhirnya studi di pendidikan formal atau sekolah. Namun, terus belajar dan mengembangkan diri di mana pun berada.

Ia juga menyampaikan, pengalaman yang sudah dilalui selama pandemi Covid-19, dalam sisi lain juga memberikan sumber inspirasi baru yang pada akhirnya mampu menimbulkan berbagai peluang–peluang ekonomi baru.

Baca Juga:  “Tabayyun” di Media Sosial Itu Penting!

Dampak pandemi yang tidak kecil bagi perkembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan masyarakat menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Yang tangguh dan berhasil, tentu yang bisa beradaptasi,” tukasnya.

Rektor pada kesempatan itu tidak henti-hentinya mengingatkan agar seluruh warga dan amlumni UNESA bisa tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Partisipasi kita semua dalam mendukung program vaksinasi dan PPKM tersebut adalah hal yang sangat penting bagi kebaikan kita bersama. Lulusan Unesa harus ambil bagian menjadi duta perubahan perilaku sebagai strategi hadapi pandemi di tengah masyarakat,” ucapnya.

Wisuda gelombang pertama tersebut diikuti sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari berbagai angkatan dan berasal dari 7 Fakultas dan Pascasarjana UNESA. Rinciannya, Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 125 peserta, Fakultas Bahasa dan Seni ada 150 peserta, Fakultas Matematika dan IPA 125 peserta, Fakultas Imu Sosial dan Hukum sebanyak 125 peserta, Fakultas Teknik sebanyak 150, Fakultas Ilmu Olahraga ada 125 peserta. Selain itu, Fakultas ekonomi dan Bisnis sebanyak 125 mahasiswa, dan Pascasarjana luluskan 75 mahasiswa.

Baca Juga:  Perlukah Sekolah PAUD Sebelum Masuk Sekolah Dasar?

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengumumkan enam wisudawan terbaik. Mereka adalah Ihwan Riskya Putra, M.Pd dari S-2 Pendidikan Dasar, Fitri Lestari, S.Pd. dari S-1 BK, Bella Dwi Aprilia, A.Md. dari D-3 Akuntansi, dan Ulthufna Kausarul Fitriya, S.Pd. dari S-1 Pendidikan PKN. Kemudian Fradhana Putra Disantara, S.H. dari S-1 Ilmu Hukum, dan Vioxcy Ananta Putra, S.H. dari S-1 Ilmu Hukum.

“Jangan berhenti berkarya. Teruslah berkreasi, mengembangkan diri, mampu beradaptasi dan melahirkan banyak inovasi, serta pandai berkolaborasi untuk bersumbangsih nyata bagi bangsa dan negara,” pesan rektor semangat.