Kabar  

Waspada, 12 Unit Rumah Rusak Berat Tertimbun Longsor di Cibadak Sukabumi

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Bencana longsor menerjang Kampung Cibatu Hilir RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/1/2024) pagi. Dampaknya, sebanyak 12 unit rumah warga mengalami rusak berat karena tertimpa material longsor.

Informasi dari Pusdalops PB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, longsor tersebut terjadi pada Rabu pagi setelah guyuruan hujan yang cukup lama. ” Rumah terdampak sebanyak 12 unit rusak berat karena tertimbun longsor,” ujar Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria, Rabu (24/1/2024).

Jumlah korban terdampak bencana sebanyak 15 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 51 jiwa. Dari jumlah itu anak-anak sebanyak 15 orang, balita tiga orang, lansia dua orang, dan disabilitas satu orang serta sisanya orang dewasa.

Baca Juga:  Inilah Konser Cinta Menuju Lailatul Qadar. Menag: Keren, Pacu Anak Muda Berkesenian!

Menurut Sandra, rumah warga terancam sebanyak 67 unit. Dengan korban terancam sebanyak 75 KK yang terdiri atas 239 jiwa.

Selain rumah kata Sandra, longsor berdampak pada fasilitas umum dan sosial (Fasumfasos) sebanyak dua unit. Sarana tersebut yakni satu unit mushola dan satu unit posyandu.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa karena warga telah menyelamatkan diri. Namun warga di sekitar lokasi kejadian tetap diminta waspada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.