Wajib Kamu Ketahui, Ini 10 Profesi Paling Menjanjikan di Tahun 2025

KABARINDAH.COM— Memilih jurusan yang tepat dan sesuai minat serta bakat, merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Terlebih lagi jika fokus utama menempuh pendidikan tinggi adalah untuk prospek kerja setelah lulus kuliah nanti. Berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF) Forecast for Labour Market Evolution in 2020-2025, sekitar 84% bisnis mempercepat proses digitalisasi dalam proses kerjanya. Disrupsi teknologi masuk ke setiap lini pekerjaan manusia, seperti peningkatan penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan robotik.

Sehingga, menurut WEF 10 profesi ini akan diprediksi semakin bersinar pada tahun 2025, diantaranya :

1. Data Analyst

Profesi ini mewajibkan untuk berhadapan dengan pemroresan data dalam jumlah besar dalam pembersihan, analisis dan visualisasi. Tentunya tugas utama analisis data adalah menemukan wawasan untuk mempromosikan pengembangan bisnis dari semua aspek dan kemudian menyerahkannya pada data engineer.

2. Artificial intelligence and Machine learning specialist

Adanya revolusi industry 4.0, membuat profesi Artificial Intelligence (AI) Specialist semakin banyak dibutuhkan. Pasalnya AI Specialist dapat mengembangkan sIstem keamanan berupa face recognition (pengenalan wajah) yang membantu manusia mengidentifikasi identitas seseorang berdasarkan wajahnya. Teknologi AI ini memiliki beberapa cabang, salah satunya machine learning. Machine learning dikembangkan agar mesin bisa belajar sendiri tanpa arahan dari manusia.

Baca Juga:  Apresiasi Lahirnya UMAM, Mensesneg: Capaian Monumental Muhammadiyah dalam Bidang Pendidikan

3. Big data specialist

Seiring lahirnya era big data, membuat profesi big data specialist pun muncul. Setiap harinya, satu orang bisa menghasilkan ribuan data mulai dari penggunaan aplikasi, server, hingga device yang digunakan. Hal ini perlunya big data specialist yang mampu mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari big data dalam perusahaan. Tingginya kebutuhan profesi ini, belum dibarengi dengan jumlah talenta yang tersedia.

4. Digital marketing and strategy specialist

Platform digital saat ini memang tidak ada matinya, seiring dengan kebutuhan teknologi yang kian meningkat. Hal ini menuntut perusahaan agar mempunyai digital marketing guna memasarkan produk perusahan ke khalayak umum secara digital. Skill berpikir kreatif dan strategis wajib dimiliki oleh seorang digital marketer. Selain itu, pemahaman SEO/SEM dan komunikasi menjadi acuan utamanya.

5. Process automation specialist

Revolusi industry 4.0 membuat banyaknya mesin-mesin beroperasi, hal ini membuat process automation specialist menjadi profesi yang sangat diperlukan. Process automation specialist merupakan spesialisasi yang memungkinkan membuat hardware dan software yang dapat merancang, dan melakukan diagnosis teknis. Sehingga orang yang menguasai bidang ini akan mampu membuat sistem control modern.

Baca Juga:  Ushuluddin UIN Bandung Siap Gelar Anugerah Publikasi Ilmiah Mahasiswa 2021

6. Business development professionals

Untuk mengembangkan bisnisnya secara maksimal, setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang business development. Profesi ini berperan penting untuk menumbuhkan bisnis pada perusahaan. Seorang business development harus bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar, mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan dan memiliki pengetahuan di bidang perkembangan pasar dan pesaing.

7. Digital transformation specialist

Diperkirakan, pada tahun 2022 mendatang, perusahaan global yang bergerak di bidang teknologi akan melampaui 2,1. Ini menunjukkan bahwa tranformasi digital begitu pesatnya dan akan dibutuhkan. Profesi digital transformation specialist merupakan pengguna teknologi yang mampu mengubah proses bisnis untuk menciptakan sebuah bisnis baru.

8. Information security analyst

Profesi satu ini berfungsi untuk mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dalam sebuah instansi atau perusahaan. Information security bertanggung jawab untuk mencegah kebocoran data hingga pencurian data.

Maraknya ransomware membuat profesi satu ini selalu dibutuhkan dalam setiap perusahaan guna menjaga data pribadi perusahaan dari serangan malware.

9. Software and application developer

Profesi yang paling menjanjikan di masa kini hinga kedepannya, salah satunya adalah software dan application developer. Profesi ini juga termasuk profesi populer di bidang IT.

Baca Juga:  Esensi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring

Pasalnya, mulai dari lembaga pemerintahan, bank, maupun organisasi, membutuhkan profesi ini. Software atau application developer berperan untuk membuat dan menguji aplikasi yang telah di desain khusus untuk perangkat electronic computing.

10. Internet of things specialist

Pesatnya kemajuan big data, memicu profesi Intenet of Thing (IoT) menjadi sangat dibutuhkan. Revolusi industry 4.0 pun turut membuat profesi ini sangat menjanjikan. IoT dapat dikatakan sebagai hasil transformasi digital untuk menunjang kapabilitas perusahaan melalui sentuhan teknologi.

Selain daftar tersebut, pada 4 tahun mendatang, diprediksi profesi pada sektor jasa yang mengutamakan interaksi manusia juga akan bersinar, diantaranya Marketing, Sales dan Content production.

Berbagai perguruan tinggi kredibel, dimulai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, menawarkan program studi yang menunjang karier tersebut, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Nusa Mandiri dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Semoga hasil survei tersebut tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga menjadi peluang bagi kita semua untuk senantiasa terus berkarya serta mempelajari hal-hal baru, demi meraih masa depan yang lebih Cemerlang.