Kabar  

Universitas Muhammadiyah Bandung Akan Gelar Sholat Idul Adha, Ini Imam dan Khatibnya

Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPAIK) Drs Dikdik Dahlan Lukman MHum.

KABARINDAH.COM – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) akan menggelar sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 Hijriah yang jatuh pada Sabtu 09 Juli 2022 di area parkir UM Bandung.

Pelaksanaan sholat Idul Adha ini akan dimulai pukul 06.00 WIB. Adapun yang akan bertindak sebagai imam dan khatib yakni dosen sekaligus Wakil Dekan Fakultas Agama Islam UM Bandung Dr H Cecep Taufikurrohman MA PhD.

“Tentu kami ingin memfasilitasi sholat Idul Adha bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat yang berkeyakinan Idul Adha jatuh pada Sabtu 09 Juli 2022,” ujar Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPAIK) Drs Dikdik Dahlan Lukman MHum, via pesan singkat, Selasa 05 Juli 2022.

Baca Juga:  Mantap! KKN Ilkom UMBandung Edukasi Covid-19 Kepada Warga Kiaracondong

Selain warga Muhammadiyah, kata Dikdik, banyak masyarakat yang melaksanakan sholat Idul Adha pada 9 Juli 2022.

Oleh karena itu, tutur Dikdik, UM Bandung memfasilitasi kegiatan umat Islam yang digelar tahunan ini.

Terkait dengan perbedaan antara keputusan pemerintah dengan Muhammadiyah soal Idul Adha, sambung Dikdik, setiap orang sejatinya bisa saling memahami dan menghormati.

Terlebih pemerintah, kata Dikdik, sudah menganjurkan agar masyarakat bisa saling menghormati perbedaan yang ada.

“Masyarakat yang sudah memiliki kesepahaman dengan metode penetapan awal bulan Kamariah dan metode yang digunakan Muhammadiyah bisa berhari raya Idul Adha. Ini terkait dengan ibadah haji (terutama wukuf), maka umumnya mereka berkiblat ke penetapan di tanah suci,” kata Dikdik.

Baca Juga:  Ada Tiga Tugas Suci Seorang Guru

Secara kebetulan, apa yang menjadi ketetapan Muhammadiyah dalam Idul Adha tahun ini sama persis dengan ketetapan pemerintah Arab Saudi (tanah suci).

“Jadi, ini insyaallah murni karena kami ingin memfasilitasi masyarakat yang berlebaran sama dengan Muhammadiyah,” ujar Dikdik.

Dikdik mengungkapkan bahwa ke depan UM Bandung yang punya halaman cukup luas dan memadai bisa rutin menyelenggarakan sholat Id, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Tak hanya menyelenggarakan sholat Idul Adha, tutur Dikdik, pihaknya juga akan melaksanakan pemotongan hewan kurban, baik sapi maupun domba.

Pemotongan hewan kurban akan dilakukan di kampus UM Bandung. Dan di saat yang bersamaan, juga dilakukan pemotongan hewan kurban di Sumedang bagian selatan (atas inisiasi mahasiswa PAI UM Bandung) dan di tempat-tempat yang terpencil lainnya.

Baca Juga:  Keren! Mahasiswa UMBandung Sabet Juara 1 Lomba News Presenter

Dikdik mempersilakan warga Muhammadiyah, termasuk masyarakat umum, apabila ingin menitipkan hewan kurban bisa menghubungi Sukri Ramadhan di nomor kontak 082247755221.

Untuk diketahui maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah memutuskan bahwa 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu 09 Juli 2022. Oleh karena itu, Muhammadiyah akan melaksanakan sholat Idul Adha pada Sabtu 09 Juli 2022.***(Firman Katon)