Kabar  

Torehan Prestasi Membanggakan Prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung di APIK PTMA 2022

KABARINDAH.COM, Sidoarjo – Program studi Ilmu Komunikasi UM Bandung menorehkan prestasi gemilang dalam Silaturahmi Nasional (Silat) Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (APIK PTMA) yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dari Senin-Selasa (19-20/12/2022).

Dalam acara ini, berbagai rangkaian kegiatan dilakukan, mulai dari seminar, konferensi, hingga workshop internasional. Adapun tema kegiatan ini yakni ”The Challenges of Digital Communication in The New Normal Era”.

Program studi Ilmu Komunikasi UM Bandung sendiri mengirimkan 9 mahasiswa dan 3 dosen pada APIK PTMA ini. Dalam acara ini juga dosen Ilmu Komunikasi UM Bandung mengikuti prosiding call for paper.

Tim dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung pun meraih prestasi membanggakan pada ajang tersebut. Di antaranya Resti Ernawati SSos MIkom (dosen) meraih Best Presenter, Haris Wahyudin (Ilkom 2020) meraih juara 3 Digital Journalism, dan Andini Putri Az-Zahra (Ilkom 2020) meraih juara 3 Public Relation Crysis.

Baca Juga:  Dua Indikator Perguruan Tinggi Berkualitas

Kemudian Nur Indah Resti Wahab (Ilkom 2020) meraih juara 2 Public Relation Crysis, Maulana Ahsan (Ilkom 2019) meraih juara 2 News Anchor, Nafhah Rabbaniyyah (Ilkom 2020) meraih juara 3 News Anchor, dan Saskya Hasna Fadilah (Ilkom 2020) meraih juara 1 Fotografi.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung Dra Euis Evi Puspitasari MSi mengaku bangga dan bersyukur atas raihan prestasi dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut.

Euis menjelaskan, dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung telah membuktikan kompetensinya di bidang fotografi, public relation, news anchor, dan digital jurnalism. Prestasi itu kata Euis akan mengangkat dan mengharumkan nama prodi dan juga kampus.

“Walaupun ini pertama kali mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung turut serta, tapi alhamdulillah mereka dapat bersaing secara sehat dan optimal di kompetisi Youth Communication Day (YCD) skala internasional,” tutur Euis.

Baca Juga:  Sikkasep Dilaunching, Dorong Naiknya Indeks Keluarga Sehat

Tim dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung ini dapat mengimbangi peserta lain, baik mahasiswa dari PTMA yang sudah unggul maupun mahasiswa luar negeri, seperti China, India, dan Filipina.

“Silat APIK PTMA jadi ajang silaturahmi bagi seluruh ketua program studi Ilmu Komunikasi PTMA. Kesempatan ini sangat kami sambut dengan baik untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam pembuatan prosiding call for paper,” tutur Euis, Selasa 19 Desember 2022.

Euis mengatakan, kompetisi tersebut sangat bagus khususnya untuk para mahasiswa. Dari kompetisi itu, tutur Euis, akan terlihat seperti apa kompetensi dari para mahasiswa.

”Kompetisi ini untuk mengukur dan mengevaluasi kompetensi para mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam bidangnya,” tegas Euis.***(FK)

Baca Juga:  Gencar Sosialisasi, Mahasiswa UIN SGD Bandung Dipersilakan Gunakan Hak Program MBKM