Tips Foto Sederhana Buat Majukan Bisnis Online dengan Perangkat Seadanya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Tren bisnis online di tahun 2020 meningkat pesat seiring dengan datangnya pandemi dan banyak orang yang memanfaatkan waktunya di rumah dengan mengasah keterampilannya untuk mulai berjualan secara online.

Berbagai platform sosial media hingga marketplace menjadi sarana masyarakat untuk berjualan dan mencari berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan. Karenanya, konten yang baik dan berkualitas menjadi salah satu faktor kesuksesan berjualan online bagi pebisnis dan daya tarik bagi konsumen untuk membeli sebuah produk.

Melihat kesempatan tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memperkenalkan varian terbaru Galaxy A21s yang hadir dengan warna baru, memori lebih besar, dan dukungan teknologi quad camera. Perangkat tersebut disegmentasikan Samsung guna mendukung aktivitas pengguna, khususnya para pebisnis online untuk menghasilkan konten yang baik untuk menunjang usaha mereka meski dengan perangkat seadanya.

Mengutip hasil penelitian Big Data 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), melaporkan penjualan online di Indonesia pada periode Februari hingga Juli 2020 meningkat tajam. Dari total transaksi penjualan online, kategori yang jadi favorit masyarakat adalah bahan makanan sebanyak 51 persen.

’’Fenomena tingginya penjualan online bahan makanan menjadi sebuah peluang besar bagi Galaxy users yang memiliki bisnis kuliner untuk membuat konten food photography yang menakjubkan untuk bisnisnya. Dengan memanfaatkan Galaxy A21s terbaru yang hadir dengan memori 6/128GB yang dapat ditambah hingga 512GB dan quad camera dengan 48MP kamera utama, 8MP ultra wide, 2MP makro, 2MP depth,’’ ucap Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Fotografi dan bisnis kuliner merupakan hal yang berjalan secara beriringan. Dengan kemampuan mengambil gambar yang baik, Galaxy users dapat memberikan added value pada bisnis kuliner yang dijalankan. Dengan menggunakan teknik yang tepat dan dukungan quad camera yang diklaim mumpuni, konten yang berkualitas dapat dihasilkan dengan menggunakan new Galaxy A21s.

Selain itu, dukungan memori besar dapat memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk berkarya tanpa henti untuk mendapatkan konten yang lebih awesome untuk mendukung bisnis mereka.

Dalam acara Galaxy Creator Workshop: Create Awesome Content For Your Business dan peluncuran varian terbaru Galaxy A21s, Berry Phan, Founder Jasafotojakarta memberikan lima langkah mudah untuk membuat konten sempurna terutama bagi Galaxy users yang bergerak di bisnis kuliner, berikut ini adalah tipnya.

Perhatikan sumber cahaya

Cahaya merupakan salah satu aspek terpenting di dalam fotografi. Pantulan cahaya yang kita terima dapat memberikan berbagai bentuk, tekstur dan karakter pada sebuah foto. Dalam pengambilan foto makanan, perlu diperhatikan berbagai sumber cahaya dan letak dimana cahaya itu berada.

Gunakan teknik back lighting (sumber cahaya dari belakang) dan side lighting (sumber cahaya dari samping) yang akan memberikan cahaya dan bayangan yang lebih berkarakter sehingga menghasilkan konten yang lebih awesome. Dengan Pro-Mode dari Samsung Galaxy A21s, pengguna bisa dengan mudah mengatur manual ISO, White Balance dan Exposure sehingga bisa lebih mengontrol cahaya yang diinginkan.

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Mengatur kualitas cahaya sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya yang juga penting untuk diperhatikan dalam menghasilkan kualitas foto makanan yang menggiurkan adalah mengetahui karakter pencahayaan yang digunakan. Selain sumber cahaya, kualitas cahaya juga menjadi peranan penting yang harus diperhatikan.

Kualitas cahaya yang terlalu keras (hard light) akan menambah tingkat kontras yang lebih tinggi, sehingga hasil foto terlihat lebih berbayang dan detil menjadi lebih sulit untuk memperlihatkan detil makanan pada foto.

Dengan cahaya yang lebih lembut (soft light), foto akan memberikan gradasi warna yang lebih merata. Dalam menghasilkan soft light tersebut, dapat menggunakan Reflector atau kain semi transparan yang ada di rumah seperti gorden guna menyaring kualitas cahaya yang terlalu besar dan tajam.

Maksimalkan penggunaan smartphone

Menampilkan visual menarik tentunya membutuhkan dukungan pada perangkat yang dipakai. Seperti sudah disinggung di atas, untuk mendapatkan hal ini bisa menggunakan perangkat seadanya yakni cukup lewat smartphone.

Namun khusus pada Galaxy A21s, ada teknologi quad camera yang bisa dimanfaatkan, memberikan berbagai pilihan lensa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Manfaatkan lensa utama 48 MP f/2.0 untuk menghasilkan konten makanan yang tajam dan jelas, serta lensa Ultra-Wide 8 MP f/2.2 untuk menunjukkan ambience di sekitar makanan.

Selain itu, manfaatkan lensa Macro 2 MP f/2.4 untuk memperlihatkan detail terkecil pada makanan dan lensa Depth 2 MP f/2.4 untuk menambah fokus pada makanan dan memberikan kesan bokeh yang dramatis. Intinya, jelajahi berbagai lensa pada teknologi quad camera new Galaxy A21s yang dapat menghasilkan berbagai konten yang sempurna dan cocok untuk para pelaku bisnis yang ingin pamer produk nya di platform digital.

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Sediakan properti tambahan

Elemen yang tidak kalah penting dalam pengambilan food photography adalah properti pendukung yang memadai. Dengan memilih warna properti yang senada dengan warna background, buat foto makanan kamu jadi lebih standout. Untuk memberikan efek porsi makanan yang lebih banyak, gunakan piring yang sesuai dengan ukuran makan tersebut. Pemilihan properti yang lebih mimalis akan menciptakan foto makanan lebih jelas dan lebih menonjol, less is more!

Negative space, apakah itu?

Membuat konten yang harmonis dan seimbang dengan memberikan ruang kosong didalam foto. Negative space dalam sebuah foto merupakan ruang disekeliling fokus utama pada foto.

Ruang kosong (negative space) memberikan komposisi yang lebih seimbang sehingga memberikan ruang pada objek utama untuk bercerita. Jadi kamu bisa lebih fokus liat makanan pada foto, dan dijamin bikin laper!

Sebagai tambahan juga, konsumen dapat memiliki new Galaxy A21s dengan memori 128 GB yang dapat ditambah hingga 512 GB, fitur premium Quad Camera, baterai 5.000 mAh dan prosesor Exynos 850 yang cerdas menghemat daya dengan harga Rp 3 jutaan.

  • Bagikan