Tips Agar Mulut Tetap Segar Saat Puasa

Ilustrasi (Istockphoto)

KABARINDAH.COM, Bandung — Mulut orang yang berpuasa itu kadang-kadang mengeluarkan aroma yang kurang sedang sehingga kalau mengobrol dengan banyak orang membuat diri tidak percaya diri.

Namun, itu semua sebetulnya bisa diatasi dengan tips berikut. Apa saja?

Minum cukup air putih

Jangan lupakan yang satu ini ya yakni minum air putih dengan cukup saat sahur dan berbuka puasa. Pastikan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Hindari kafein

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh hitam, dan minuman berenergi karena dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kalau dehidrasi tubuh akan menjadi kurang fit.

Baca Juga:  Saluran Pencernaan Anda Bermasalah? Saatnya, Lakukan Endoskopi

Jangan merokok

Usahakan jangan merokok karena keduanya dapat menyebabkan mulut kering. Merokok itu banyak mudaratnya dibandingkan dengan manfaatnya lho. Oleh karena itu, lebih baik jangan merokok.

Konsumsi buah

Konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, melon, dan mentimun untuk membantu menjaga tubuh terhidrasi. Jangan sepelekan soal manfaat buah-buahan.

Makanan mengandung air

Kompensasi kekurangan cairan dengan makan makanan yang mengandung banyak air. Misalnya sup, kuah, atau sayuran berair seperti timun dan tomat. Ini juga bagus untuk mulut orang yang berpuasa.

Pakai pelembap

Gunakan pelembap bibir atau menyikat gigi secara teratur untuk membantu menjaga kelembapan mulut. Apakah orang berpuasa boleh sikat gigi pakai pasta gigi? Boleh. Itu tidak apa-apa.

Baca Juga:  UM Bandung dan Unisa Yogyakarta Bersatu Atasi Sampah Plastik dengan Program Hydrate

Jangan terlalu manis

Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin karena dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, jangan menunda-nunda sahur atau berbuka puasa karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan nutrisi yang diperlukan.

Jaga kebugaran

Jangan berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik saat berpuasa karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan kelembapan. Perbanyak istirahat dan jangan beraktivitas terlalu berat.

Nah, itulah tips agar mulut orang yang berpuasa tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap agar saat mengobrol dengan orang lain tetap percaya diri dan tidak mengganggu.***