Personal Attraction: 12 Cara Menjadi Pribadi yang Menarik

  • Bagikan

Oleh Dr. Hj Arfiani Yulianti Fiyul MM
Ketua Yayasan Jasmine Solusi/ Trainer Motekar Provinsi Jawa Barat/ Asesor BAN PAUD Prov. Jabar/ Dosen Pascasarjana

 

Setiap orang pasti ingin menjadi insan yang baik dan memiliki kepribadian baik. Setiap orang boleh saja menilai dirinya adalah orang baik dan selalu terbaik, namun belum tentu apabila orang lain yang menilainya.

Melanjutkan kebaikan erat hubungan dengan kepribadian. Menurut Herlan Suherlan dalam “Psikologi Pelayanan”, kepribadian merupakan sesuatu yang menggambarkan ciri khas (keunikan) seseorang yang membedakan orang tersebut dengan orang lain. Dengan mengetahui kepribadian seseorang, maka akan dapat meramalkan perilaku yang akan ditampilkan orang tersebut dalam menghadapi suatu situasi tertentu.

Sedangkan menurut Gordon, kepribadian adalah organisasi dinamik dalam diri individu atas sistem-sistem psikofisis yang menentukan penyesuaian dirinya yang khas terhadap lingkungannya. Menurutnya, seseorang merupakan organisasi dinamik, menekankan fakta bahwa tiap kepribadian selalu berkembang dan berubah. Maka, setiap manusia itu selalu berubah dan cenderung menentukan yang memainkan peranan aktif dalam tingkah laku individu yang unik

Dengan keunikannya itu, seseorang berbeda dengan orang-orang tertentu lainnya. Keunikan itu bisa menjadikan seseorang menjadi pribadi yang menarik. Nah, penulis akan menyampaikan tips agar setiap orang bisa menjadi pribadi yang menarik (positif).

Pertama, harus bisa memusatkan perhatian pada orang lain.
Belajarlah untuk mengagumi orang lain, baik pengalaman hidup mereka maupun pekerjaan mereka. Ini adalah karakteristik yang dianggap orang benar-benar sangat memikat. Komunikasi yang sukses terjadi ketika orang menceritakan hal yang menarik bagi mereka dalam jumlah yang sebanding. Jadi, sebagai lawan bicara amati dan jelilah dalam percakapan.

Kedua, bicarakan tentang minat mereka.
Orang akan segera bosan bila mereka terlibat dalam komunikasi tentang sesuatu yang tidak mereka ketahui. Oleh karena itu membuat orang-orang bersemangat adalah ketika seseorang mendengarkan pembicaraan mereka tentang hal yang paling memukau mereka.

Ketiga, tampak sesuai dengan kondisi yang ada.
Misalnya, dalam penggunaan kostum. Jangan sampai salah kostum di suatu tempat yang tidak sesuai pada tempatnya. Dengan selalu mengenakan busana dalam satu gaya berpakaian, maka hal itu menjadi agak masuk akal kalau Anda ingin tampak menarik bagi orang-orang di sekitar Anda. Kuncinya adalah menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Keempat, peduli dengan setiap orang yang ada di ruangan.
Jika berada dalam suatu tempat, maka berusahalah menjadi orang yang empati, peduli, perhatian, dan memiliki minat yang tulus. Karena ini adalah kunci untuk memikat orang berkualitas tinggi. Orang yang menganggap dirinya penting adalah orang yang sombong.

Kelima, keunggulan pribadi.
Memiliki keyakinan diri adalah karakter yang membuat semua orang tertarik. Lalu, keyakinan diri yang dipasangkan dengan kompetensi menghasilkan suatu makna nyata tentang keunggulan pribadi, Orang dengan keunggulan pribadi memiliki suatu perpaduan antara kerendahan hati dan arogansi yang menakjubkan yang memungkinkan kita merasa yakin dan percaya diri.

Keenam, membuat orang lain merasa senang.
Orang yang membuat orang lain merasa senang tidak hanya menolong orang lain, mereka membantu diri mereka sendiri. Dan melihat seseorang melakukan beragam tindakan yang baik, kita tidak melihat orang biasa, kita melihat orang yang sangat bermoral di dalam masyarakat kita.

Lakukan Hal-hal kecil cenderung membuat orang merasa senang. Sedikit komentar positif tentang sesuatu yang sederhana seperti tentang pemilihan pakaian dapat membuat hari seseorang terasa menyenangkan. Try it. Semua orang senang mendengar hal-hal yang menyenangkan tentang diri mereka. Orang semua memerlukan “tepukan” positif dari orang lain.

Ketujuh, kekuatan antusiasme.

Ada sesuatu yang menimbulkan antusiasme dalam diri orang lain ketika kita melihat seseorang berbicara dengan semangat. Ada sejumlah “semangat” atau “aura” yang tampaknya mengisi orang-orang yang benar-benar bersemangat dan penuh gairah menjalani hidup.

Kedelapan, jadilah orang yang sehat.

Jadi Orang yang menyenangkan dan menarik bagi orang lain adalah orang yang memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima. Namun Bila Anda tidak memilikinya, datanglah ke dokter atau ahli medis untuk membantu menyembuhkan Anda. Berhenti merokok, dan memakan lebih banyak buah-buahan serta sayuran, dapat memperbaiki penampilan fisik Anda. Kalau Anda merasa lebih baik, Anda lebih senang untuk bersama orang lain.

Kesembilan, orientasi pada tindakan.

Semua orang senang bersama seseorang yang dapat mewujudkan suatu ide atau pemikiran. Dan orang yang berorientasi pada tindakan membuat banyak keputusan; walaupun banyak keputusan itu yang keliru, tetapi mereka terus bergerak dan itu menciptakan energi, maka akan semakin menjadi seorang pribadi yang menarik. Mungkin, yang paling menarik dari orang-orang yang melakukan tindakan di dalam semua aspek kehidupan adalah fakta bahwa mereka telah mengatasi penundaan dan kemalasan.

Kesepuluh, kepribadian yang positif.

Menjadi pribadi yang menarik, ada banyak karakteristik yang bercampur untuk menciptakan kepribadian yang fantastis, maka empat sifat utama yang positif: toleransi, selera humor, ketulusan, dan fleksibilitas.

Kesebelas, tubuh yang “berbicara”.

Orang yang menarik, kuat, dan menyenangkan, bergerak jika sedang melakukan sesuatu, ada kesempatan dan diizinkan untuk berdiri maka bergeraklah. Biarkan bahasa tubuh yang berbicara dan dengan bahasa tubuh yang menyesuaikan kondisi.

Keduabelas, dapatkah Anda mendengar tubuh Anda berbicara?

Bertemu orang baru atau bertemu siapapun, maka penampilan pertama harus mengesankan. Penampilan fisik harus prima. Posisi duduk dapat mengubah cara pandang orang. Jika melipat kaki, kaki yang sebelah mana yang pantas dilipat ketika berbicara dengan lawan bicara sambil berhadapan ketika duduk. Dan yang penting kontak mata.

Memang manusia hidup bersosialisasi antara satu dan yang lainnya. Dalam bersosialisasi dengan orang-orang sekitar, pastinya bisa melihat ada orang-orang yang memiliki banyak teman dan ada juga yang tidak memiliki banyak teman.

Dalam bergaul ada hal yang harus dan tidak harus dilakukan. Ketika kita harus memahami etika tersebut maka akan menjadi pribadi yang jauh lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Cendekiawan Islam, Abdul Mujib menjelaskan, kepribadian adalah integrasi sistem kalbu, akal, dan nafsu manusia yang menimbulkan tingkah laku. Jadilah dirimu sendiri, berbuat baiklah maka kebaikan itu akan balik lagi padamu. (*)

  • Bagikan