Kabar  

Perkuat Jaringan, UMBandung dan UMPalopo Saling Tukar Pengalaman

KABARINDAH.COM – Universitas Muhammadiyah Palopo (UMPalopo) melakukan kunjungan dan benchmarking ke Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) pada Selasa (16/11/2021) siang kemarin.

Acara yang dilaksanakan di Auditorium Utama UMBandung itu, dihadiri oleh puluhan mahasiswa Program Magister Manajemen UMPalopo, Rektor UMPalopo, Direktur Pascasarjana UMPalopo, Rektor UMBandung, Dekan FEB UMBandung, dan tamu lainnya.

Rektor UMPalopo Dr. Salju, S.E., M.M. mengatakan bahwa selain pengembangan sistem informasi manajemen kinerja, pertemuan antara UMPalopo dan UMBandung ini bertujuan untuk memperkuat jaringan dengan sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

”Antar-perguruan tinggi Muhammadiyah itu harus ada kolaborasi, harus ada kerja sama, di mana perguruan tinggi lain itu sudah maju, nah kita akan ikuti dan perguruan tinggi yang maju itu juga akan mendorong perubahan yang tinggi,” ujar Salju.

Baca Juga:  Kontribusi Pengelolaan Kelas dalam Pendidikan Karakter Berbasis Mata Pelajaran SKI

Rektor UMPalopo juga mengatakan, SDM yang ada di UMBandung dan UMPalopo nantinya bisa bekerja sama agar bisa mengembangkan keunggulan di masing-masing perguruan tinggi.

”Kita ingin bahwa keunggulan yang ada di UMBandung itu bisa kita kembangkan juga di UMPalopo, begitu pun sebaliknya, karena pasti masing-masing punya keunggulan sendiri-sendiri. Saya kira itu yang paling utama dalam rangka benchmark di UMBandung ini,” ujarnya.

Salju berharap, pertemuan dua kampus ini tidak sampai sebatas pertemuan saja. Namun, ke depannya akan ada tindak lanjut kerja sama yang nyata.

”Kalau misalnya hanya sebatas pertemuan atau MoU tanpa ada kegiatan yang nyata setelahnya, itu juga tidak ada nilainya,” tuturnya.

Inovasi manajemen

Sementara itu Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. mengatakan kegiatan semacam ini merupakan sesuatu yang sangat krusial dalam situasi sekarang ini.

Baca Juga:  Sosialisasi Pembukaan Pasar Pelita, Pedagang Mulai Terima Kunci Kios

Seperti diketahui dalam situasi yang penuh ketidakpastian, menurut Prof. Herry, memang salah satu hal yang penting ialah kampus-kampus itu melakukan inovasi manajemen.

Demikian pula di institusi bisnis, institusi pendidikan, ataupun institusi sosial pada umumnya banyak sekali tantangan karena itulah mereka juga perlu melakukan inovasi manajemen.

”Mahasiswa Program Manajemen UMPalopo ini mendiskusikan tiga hal menarik, yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan yang saya kira relevan juga dengan komoditas-komoditas bisnis di UMBandung,” ujar Prof. Herry.

Prof. Herry berharap kerja sama akan terbangun antara UMBandung dan UMPalopo. Satu di antara hal yang dibicarakan dengan UMPalopo, lanjut Prof. Herry, yakni pengembangan sistem informasi manajemen kinerja yang sedang dikembangkan di UMBandung.

Baca Juga:  Jurnalisme Profetik Jadi Mata Kuliah Baru di UMBandung

”Hal tersebut mungkin saja bisa kita share dengan UMPalopo. Saya juga tadi diundang untuk ke sana guna menyampaikan beberapa pengalaman bagaimana pengembangan kampus,” tandas Prof. Herry.

Saling tukar pengalaman

Terkait kunjungan UMPalopo ke UMBandung, Wakil Rektor II UMBandung Dr. Ahmad Diponegoro, M.S.I.E., Ph.D. menambahkan bahwa satu di antara mereka berkunjung untuk bertukar pengalaman dengan UMBandung.

”Saya kira itu yang paling penting apa ya, di samping menjajaki kerja sama yang mungkin bisa dikerjakan ke depan, saling bertukar pikiran sekaligus bertukar pengalaman, dan silaturahmi sesama Muhammadiyah,” ujar Ahmad.

”Menurut saya ada tindak lanjut itu ke depannya berupa apa saling mengunjungi dari kita juga, lalu bentuk-bentuk kerja sama bisa direalisasikan lebih baik,” kata Ahmad.***(Firman Katon)