Mau Dapat Gaji dari Youtube Shorts? Inilah 4 Syarat untuk Mendapatkannya

KABARINDAH.COM – Gaji kreator Youtube Shorts baru saja diumumkan. Konten kreator untuk fitur video pendek Youtube yang mirip dengan TikTok dan Reels Instagram itu cukup fantastis karena bisa mencapai US$10 ribu atau setara Rp143 juta per bulan.

Melalui program yang bernama Shorts Fund, Youtube menggelontorkan iming-iming gaji dengan nilai total US$100 juta atau Rp1,43 triliun khusus untuk kreator yang menghasilkan video Shorts paling menarik dan paling banyak dilihat selama tahun 2021 hingga 2022.

Mengutip The Verge, kreator Youtube Shorts yang berasal dari 10 negara bisa kebagian tawaran gaji yang berkisar Rp1,4 juta hingga Rp143 juta per bulan tersebut.

Adapun 10 negara yang dibidik Youtube untuk tahap awal adalah Indonesia, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, Inggris Raya, Meksiko, Nigeria, Rusia, dan Afrika Selatan. Negara lain disebut akan menyusul.

Baca Juga:  Haru Koesmahargyo: BTN Super App Optimalkan Ekosistem Perumahan

Youtube kemudian memberikan 4 syarat kepada kreator untuk bisa mendapatkan gaji Rp143 juta per bulan dari Youtube Shorts:

1. Video Otentik

Kreator Youtube Shorts mesti membuat video Shorts yang otentik, bukan konten daur ulang (recycle) yang sudah sempat diunggah di media sosial lain atau memiliki watermark dan logo dari platform lain.

YouTube mengklaim punya cara khusus untuk mendeteksi kreator yang menggunakan aplikasi dan situs untuk menghapus watermark. Youtube akan menggunakan kombinasi metode otomatisasi dan review manusia untuk memastikan video Shorts kreator konten yang otentik.

2. Berusia minimal 13 tahun

Kreator harus berusia 13 tahun ke atas, atau usia dewasa atau yang cakap hukum di negara atau wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Cahaya Mengganggu Kualitas Tidur dan Buruk untuk Kesehatan Tubuh

3. Punya akun AdSense

Kreator wajib menerima semua ketentuan dari Youtube dan menautkan akun AdSense mereka karena bonus akan dikirimkan langsung melalui akun tersebut. Kreator yang berusia 13 hingga 18 tahun juga harus meminta orangtua atau wali untuk menyiapkan akun AdSense yang ditautkan ke channel Youtube masing-masing

4. Pernah Upload Minimal Satu Video Shorts

Channel Youtube kreator setidaknya harus memiliki satu video Shorts dalam 180 hari terakhir yang sesuai dengan Pedoman Komunitas, aturan hak cipta, dan kebijakan monetisasi yang berlaku di Youtube.

Salah satu anggota tim Youtube, Jordan menegaskan kalau sudah memenuhi 4 syarat di atas, para kreator harus segera mengklaim gaji sebelum tenggat waktu yang ditentukan, atau akan hangus alias kadaluarsa.

Baca Juga:  Nggak Boleh Sombong! Inilah Dalil Hukum Flexing dalam Islam

“Mulai minggu depan, jika Anda memenuhi syarat untuk menerima pembayaran dari Shorts Fund, kami akan mengirimkan notifikasi di aplikasi YouTube untuk memberi tahu Anda jumlah bonus dan cara mengklaimnya,” tulis Jordan di laman Support Google.

Jordan menggarisbawahi kreator memiliki waktu hingga tanggal 25 setiap bulannya untuk mengklaim pembayaran gaji.

Jordan menegaskan tim akan menganalisis channel milik kreator konten dengan performa terbaik. Kemudian, menghitung gaji mereka berdasarkan jumlah penayangan, asal audiens mereka, dan faktor lainnya.

Sebelumnya, Youtube menegaskan ada 10 cara bagi kreator konten untuk menghasilkan uang di platformnya, yaitu iklan, bagi hasil langganan YouTube Premium, langganan saluran (channel membership), Super Chat, Super Thanks, dan Super Stickers, merchandise, tiket, dan YouTube BrandConnect.