Korlantas Gandeng IMI Bangun Budaya Tertib Berlalu Lintas

KABARINDAH.COM — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) membangun budaya tertib berlalu lintas di masyarakat Indonesia.

Kerja sama ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan Ketua IMI Bambang Soesatyo di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdiklantas) Serpong, Tangerang Selatan, Rabu.

“Kerja sama ini bertujuan untuk sama-sama kedua belah pihak menyediakan tenaga pelatih guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan, hingga teknik mengemudi kendaraan motor,” kata Irjen Sutiono.

Korlantas menggandeng IMI mengelola pusat pelatihan keselamatan berkendaraan atau Indonesia Safety Driving Center (ISDC). Baik Korlantas muapun IMI bersama-sama menyediakan tenaga pelatih guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan, hingga teknik mengemudi kendaraan motor.

Baca Juga:  All New Honda CB150R Streetfire Resmi Hadir di Jawa Barat

“Jadi intinya pemanfaatan ISDC untuk melatih pengemudi. Lalu pelatih-pelatih dari Polri juga kami disupport dari pelatih profesional. Jadi teman-teman pembalap kita juga ada kontribusi untuk melatih di sini,” kata Istiono.

Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan agar Korlantas Polri dan IMI bisa memanfaatkan tanah sekitar 10 hektare untuk digunakan dalam kepelatihan tertib berlalu lintas.Kemudian pertukaran informasi tentang masalah-masalah kepelatihan dan perkembangan otomotif dan olahraga.

“Penting ini karena Korlantas bertanggung jawab dalam keselamatan umum nasional. Jadi kita semua berlatih di sini untuk meningkatkan kemampuan mengemudi,” ujar Istiono. Tidak hanya itu, lanjut Istiono, dalam kerja sama tersebut, Korlantas dan IMI sepakat untuk melakukan kegiatan kampanye terkait keselamatan bermotor.

Baca Juga:  Dibandrol 649 Juta, Inilah Spesifikasi Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia

“Berikutnya penggunaan fasilitas. ISDC ini tidak di Jakarta saja. Tapi di beberapa Polda juga ada ISDC. Ini manfaatkan sama-sama di wilayah. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengemudi bagi masyarakat semuanya,” kata Istiono.

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo berharap kerjas ama ini bisa meningkatkan kemampuan pengemudi serta silaturahmi antar komunitas otomotif. “Tempat ini (ISDC-red) akan kami manfaatkan untuk pelbagai kegiatan setiap hari libur, setidak-tidaknya hari Sabtu dan Minggu,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

Selain itu, lanjut Bamsoet, pengelolaan ISDC memberikan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.”Kita ingin ekonomi masyarakat sekitar sini juga bergerak karena adanya kegiatan ini sehingga ada warga yang bisa berjualan apa saja,” kata Bamsoet.

Baca Juga:  Sentuhan Terbaru, Honda CRF250 RALLY Hadir Lebih Tangguh

Bamsoet juga mengapresiasi upaya Kakorlantas yang menjalin kerja sama dengan pihaknya untuk mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan rakyat di manapun berada.

ISDC (Indonesia Safety Driving Center) merupakan implementasi amanat Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan serta membangun budaya tertib berlalu lintas.(ant)