Kabar  

Kolaborasi Kesehatan dan Lingkungan: Misi Bersama FEB UM Bandung – MPKU Muhammadiyah

KABARINDAH.COM, Bandung — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung bersama Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah Jawa Barat mengadakan seminar internasional pada Rabu (20/12/2023).

Acara yang mengangkat judul ”Healthcare Resilience, Climate Crisis and Protecting Neglected Poorest” ini berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung.

Selain di auditorium, kegiatan ini juga berlangsung secara daring. Hadir dalam acara ini Ketua MPKU Muhammadiyah Jawa Barat, Dekan FEB UM Bandung, Wakil Ketua PWM Jawa Barat, dosen, hingga mahasiswa.

Ketua Pelaksana Budi Sadarman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun jaringan kerja sama antara profesional dan akademisi di bidang kesehatan. ”Hal ini tentunya untuk membangun kolaborasi positif di bidang kesehatan dan lingkungan dari berbagai latar belakang yang berbeda,” ucap Budi.

Baca Juga:  Nindita Kusuma, Siswa Muhammadiyah Peraih Medali di Final Kompetisi Sains Nasional

Acara ini juga kata Budi menjadi salah satu cara untuk mendorong munculnya ide-ide positif dan inisiasi aksi dari kalangan tenaga kesehatan di Indonesia. ”Kegiatan ini juga menjadi semangat dan motivasi bagi para peserta untuk ikut aktif mengetahui tantangan iklim dan kesehatan saat ini,” jelas Budi.

Oleh karena itu, Budi berharap para peserta dapat mengetahui pentingnya menjaga alam sekitar. ”Kita berharap dapat memasyarakatkan betapa pentingnya menjaga alam dan keseimbangan kita khususnya di Persyarikatan maupun masyarakat umum,” tegas Budi.

Perlu perhatian

Hadir juga dalam acara ini inisiator MPKU Muhammadiyah Jawa Barat sekaligus Dewan Pembina IHPH Net Suherman sebagai narasumber.

Suherman menjelaskan bahwa isu health care perlu mendapat perhatian dari berbagai kalangan. ”Pembahasan isu ini menjadi penting karena sejalan dengan keinginan Muhammadiyah Pusat untuk menjadi organisasi yang menggerakkan umat Islam berkemajuan,” ungkap Suherman.

Baca Juga:  Libur Lebaran Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Sukabumi

Isu itu juga menurut Suherman menjadi pendorong kolaborasi antara MPKU Muhammadiyah Jabar dengan universitas. ”Jadi, nantinya ada riset kolaborasi antara MPKU yang mempunyai skop kegiatan di AUM dengan para peneliti, baik dosen maupun mahasiswa,” tandas Suherman.

Selain Suherman, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber lain. Di antaranya Raynaldy Budhy Prabowo (KEBUMI), Yuyun Yulianti (GGHH National Trainer), dan Emma Rachmawati (Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah).

Kemudian ada Armi Susandi (ITB), Helin Garlinia Yudawisastra (dosen UM Bandung), dan Wahyu Srigutomo (Dekan FMIPA ITB dan Wakil Ketua PWM Bidang Pustaka Informasi dan Lembaga Kemitraan Strategis).***(FK)