Keren! Siswa MAN 1 Jembrana Raih Spesial Award Bidang Geologi LKIR BRIN 2022

KABARINDAH.COM-Tim Himpunan Peneliti Objek tentang Sains (Hipotesa) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana berhasil meraih spesial award dari Himpunan Ahli Geologi Indonesia. Ajang ini dihelat oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bertajuk Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR). Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana ini beranggotakan Muhammad Haedar Fahmi (XII IPA1) dan Daffa Althaf Muammar (XII IPA 1).

LKIR ini merupakan ajang tahunan yang kali ini berlangsung di Gedung Innovation Convention Center (ICC), Kawasan Sains dan Teknologi, Cibinong pada tanggal 27-30 Oktober 2022 diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA dan sederajat hingga peneliti ahli Indonesia maupun dunia.

LKIR merupakan bagian dari kegiatan Indonesian Research and Innovation Expo (INARI) 2022. Berkompetisi pada bidang Ilmu Pengetahuan Kelautan dan Kebumian (IPK) punggawa Hipotesa mampu menarik perhatian juri. Kedua siswa tersebut meneliti hubungan Keramba Jaring Apung (KJA) terhadap percepatan pembentukan Pulau Gili Putih di Sumberkima, Buleleng, Bali. Penilaian karya dilakukan melalui kegiatan expo dan presentasi.

Baca Juga:  Sejak Hari Ini, 100.038 Siswa Ikuti Ujian Daring Masuk PTKIN

Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana, Haedar dan Daffa saat dikonfirmasi mengaku sangat bersyukur atas capaian ini. Keduanya tidak menyangka mendapat penghargaan ini. Proses penelitian yang panjang dan penuh tantangan harus dilalui dalam menyelesaikan proyek ini. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua, pembina, dan seluruh sivitas akademika MAN 1 Jembrana yang telah mendukung mereka menyelesaikan penelitian ini.

“Alhamdulillah atas kesempatan yang diberikan oleh Allah kepada kami. Speechless dapat meraih penghargaan pada even LKIR tahun ini dan tentunya kami tidak menyangka,” ungkap mereka dilansir Kemenag, Selasa (01/11/2022).

Proses penelitian panjang, kata mereka, dengan bolak-balik menyeberang pulau terbayar dengan sebuah penghargaan. Mereka mengaku penghargaan ini sangat berharga. Penelitian ini tidak dapat selesai tanpa bantuan semua pihak.

Baca Juga:  Inilah Pesan Menag Tinjau SSE UM-PTKIN 2022 di UIN Bandung

“Terima kasih kami ucapkan kepada kedua orang tua, Bu Lilik dan Pak Yazid selaku Pembina, serta seluruh Bapak/Ibu guru MAN 1 Jembrana yang telah mendukung,” ucap syukur keduanya saat dikonfirmasi Tim Mustika.

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini. Menurutnya penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan bagi MAN 1 Jembrana saat karya tulis siswa MAN 1 Jembrana mendapat penghargaan khusus.

“Artinya apa yang menjadi konsetrasi penelitian anak kami adalah sesuatu yang menarik dan unik,” terangnya.

“Beradu karya di even berkelas seperti ini sangat besar pengaruhnya baik bagi seluruh komponen MAN 1 Jembrana. Saya optimis MAN 1 Jembrana dapat melahirkan peneliti-peneliti handal yang akan berkontribusi besar membangun bangsa,” pungkasnya.

Baca Juga:  Hore! UIN Bandung Siap Gelar PESONA I PTKN Agustus 2022