Keren! Mahasiswa UMBandung Sabet Juara 1 Lomba News Presenter

  • Bagikan

KABARINDAH.COM Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Maulana Ahsan meraih gelar Juara 1 News Presenter ”How to Be A Great Presenter” yang diadakan FIKOM Universitas Mercu Buana, Senin (20/12/2021) lalu.

Dihubungi terpisah, Maulana Ahsan mengatakan, ia mengetahui informasi perlombaan tersebut dari jejaring media sosial.

”Kebetulan dari Universitas Muhammadiyah Bandung itu salah satu stafnya ada yang tahu juga tentang lomba ini. Jadi, nge-share ke aku dan aku lihat itu, oh kebetulan juga aku mau daftar perlombaan ini,” ucap Maulana Ahsan, di kampus UMBandung, Senin (03/01/2022).

Kemudian, dalam lomba yang mengangkat tema ”Become a Great Presenter” tersebut, Maulana Ahsan menjelaskan setiap peserta harus membikin video presenter yang sedang membacakan berita.

Terkait teknis lomba, Maulana Ahsan bercerita bahwa setiap peserta perlombaan perlu memperhatikan video yang berisikan naskah berita karena harus dibaca dengan cepat dan cermat.

Baca Juga:  UMBandung Selaraskan Kurikulum Merdeka Belajar

”Jadi, ketika lomba kita baca teks di prompter gitu, nah prompter itu kayak cepat banget (jalannya), itu tuh kayak pas lagi baca awal si teksnya itu cepat banget,” kata Maulana Ahsan.

Meskipun ada pengulangan pembuatan video, Maulana Ahsan mengaku hal itu bukan jadi masalah yang berarti karena pada akhirnya dirinya keluar sebagai jawara pertama pada perlombaan tersebut.

”Nah di situ sih kesulitannya, kita memang harus benar-benar membaca berulang kali si teks yang ada di promter-nya itu, tetapi alhamdulillah ternyata aku dapat hasil yang terbaik,” lanjut mahasiswa ilmu komunikasi angakatan 2019 tersebut.

Langsung ditawari bekerja

Maulana Ahsan juga mengaku sempat ditawari bergabung untuk bekerja oleh salah satu direktur televisi swasta nasional Indonesia yang kebetulan jadi juri dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga:  Wali Kota Sukabumi Tinjau Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

”Alhamdulillah berkat perlombaan ini juga, kalau aku sudah lulus, bolehlah maksudnya tuh berkunjung ke sana (televisi swasta nasional). Dalam artian bisa kerja di sana gitu. Itu peluang besar banget sih buat aku,” katanya.

Bukan sekadar ikut lomba kemudian menang, mahasiswa yang sudah beberapa kali memenangkan perlombaan news presenter ini mengatakan dirinya banyak mendapat pengalaman dan ilmu.

”Harapannya banyak banget sih. Aku tuh pengen berbagi ilmu yang sudah didapat dengan teman-teman yang memang benar-benar ingin sama-sama belajar tentang news presenter ataupun public speaking. Setiap perlombaan itu pasti ada yang namanya seminarnya kan. Nah di seminarnya itu tuh banyak banget ilmu yang sudah aku dapat dari berbagai universitas yang ada di luar gitu,” ucapnya.

Baca Juga:  Expo KKN: Mahasiswa UMBandung Bangun SDM Lokal

Maulana Ahsan menjelaskan bahwa akan banyak peluang yang didapat ketika seseorang mencoba mencari pengalaman baru dengan mengikuti lomba.

Misalnya, seperti yang dialami oleh dirinya yakni bisa mendapatkan banyak relasi atau malah langsung diajak bergabung (bekerja) oleh salah satu tivi swasta nasional.

”Jadi, selain mendapat ilmu dan pengalaman, kalau kita mencoba ikut lomba atau apa pun itu, akan ada banyak peluang, di antaranya kita bisa mendapat banyak relasi, atau misalnya ditawari bergabung di salah satu tivi swasta nasional di Jakarta seperti yang aku alami waktu kemarin lomba,” tandasnya.***(Firman Katon)

  • Bagikan