Kabar  

Jadilah Duta UIN Bandung yang Menginspirasi

KABARINDAH.COM- Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang diwakili Wakil Rektor I, Prof Dr H Rosihon Anwar MAg CHS melakukan pelepasan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN SISDAMAS) Tahun 2022 yang dilakukan secara hybrid, Senin (25/7/2022).

Sebanyak 5.422 mahasiswa mengikuti KKN SISDAMAS 2022 yang disebar pada 8 Kabupaten, yaitu Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Garut, Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Majalengka, 34 Kecamatan dan 144 Desa di Jawa Barat dari tanggal 25 Juli-25 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Prof Rosihon menegaskan kehadiran mahasiswa diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Jadilah duta kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang aktif mengkampanyekan moderasi beragama, wawasan kebangsaan, berakhlak mulia, ikut mengintegrasikan keilmuan dalam bingkai Wahyu Memandu Ilmu.

Menurutnya, tujuan KKN itu untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkannya ketika kuliah. Caranya dengan penempatan KKN mahasiswa agar makin mengenali tipologi masyarakat dan berusaha mendapatkan pengalaman baru dalam konteks yang lebih formal.

Prof Rosihon menegaskan sebagai duta kampus, mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung harus bisa menunjukkan identitas keislaman. “Baik-baiklah dengan masyarakat, harus pintar menitipkan diri karena kita berada di kampung orang. Temen-temen mahasiswa ini adalah duta dari kampus, jadi harus bener-bener menunjukkan bahwa kita ini berasal dari UIN Sunan Gunung Djati yang punya misi sangat bagus, harus ikut menyebarluaskan pemahaman moderasi beragama, wawasan kebangsaan, berakhlakul karimah, berwawasan integratif,” pesannya melalui rilis yang diterima KABARINDAH, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga:  Peringati Harhubnas, Wali Kota Sukabumi : Kembalikan Semangat Penataan Transportasi!

Ketua LP2M Dr. Husnul Qodim, MA menyampaikan KKN SISDAMAS adalah Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan secara luring di 8 Kabupaten Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Garut, Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Majalengka yang sudah ditentukan berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam pelaksanaan KKN Reguler SISDAMAS ini dikemas dengan memadukan antara proses belajar sosial bagi peserta KKN, pengabdian kepada masyarakat, dan riset sosial melalui tahapan-tahapan siklus pemberdayaan.

“Alhamdulillah KKN 2022 ini bisa dilaksanakan pada masa transisi, dari online ke offline. Sekitar 70% dilakukan secara offline, dengan out put KKN yang wajib logbook, hasil pemetaan sosial, artikel sesuai template, mengupload berita kegiatan di blog Desa atau individu dan mengupoad video tahapan KKN. Dengan out come KKN mendaptkan feedback masyarakat, paling tidak terjadinya perubahan di masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Juli 2021, UIN Bandung-IYSA Siap Gelar Kompetisi Riset Internasional secara Virtual

Mengenai tahapan KKN Reguler SISDAMAS memakai Siklus Sisdamas: Observasi lapangan, Siklus I: Refleksi atau Pemetaan Sosial, Siklus II: Penyusunan Program, Siklus III: Pelaksanaan Program, Siklus IV: Evaluasi dan Pelaporan. Output hasil KKN Reguler Sisdamas ada yang wajib dan ada yang anjuran.

“Mari bersama-sama jaga nama baik kampus, kode etik dan tata tertib KKN yang ada pada Juknis. Semoga berjalan dengan lancar, bermanfaat, mendapatkan pengalaman, belajar bersama masyarakat, minimal ada perubahan positif. Kita semua juga berharap ini berkontribusi bagi insitusi, terutama dalam pencapaian publikasi UIN Bandung bersama dosen, peningkatan akreditasi Prodi,” paparnya.

Untuk mempermudah kebutuhan selama melaksanakan KKN, mahasiswa akan ada fasilitas berupa kuota internet dan pembekalan. “Kita akan memfasilitasi kuota, Insya Allah akan mendapatkan seperti tahun sebelumnya, terkait pembekalan sudah disediakan 13 video yang bisa dilihat di website LP2M,” ujarnya.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. H. Aep Kusnawan, MAg, menuturkan peserta KKN SISDAMAS yang terdiri dari 5.422 itu dibagi ke pada 404 kelompok, dibimbing oleh 127 Dosen Pembimbing Lapangan serta dikoordinir oleh 7 orang koordinator dosen pembimbing dan 7 orang tim ahli KKN.

Baca Juga:  Resmi! Telkom University Buka Program Studi Magister Cyber Security & Digital Forensics

Untuk Kabupaten Purwakarta: M.Asro, SH, MH dan Ferli Irwansyah, M.Pd; Bandung Barat: Lia Kamelia, MT; Bandung: Dr. Dulkiah; Garut: Yadi Mardiansah, M.Ag; Ciamis-Pangandaran: Dr. H. Ramdhani WS, M.Si, M.Ag: Kuningan-Majalengka: Dr. H. Rohmanur Azis, M.Ag. “Melalui DPL kami menitipkan mahasiswa kepada Kepala Desa, tokoh masyarakat, semoga KKN SISDAMAS berjalan lancar, berdaya guna dan berhasil guna di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Pelepasan KKN SISDAMAS 2022 ini dilakukan secara hybrid, di kampus dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, SPI, Koordinator Bagian, Tim LP2M, perwakilan DPL dan peserta KKN, serta secara online dihadiri oleh berbagai komponen yang telah berada di lokasi KKN yakni para DPL, Peserta KKN, para Camat, Kepala Desa, dan tokoh masyarakat. Kegiatan pelepasan itu juga disiarkan secara melalui YouTube LP2M UIN SGD Bandung.